Tips Mudik Aman bagi yang Punya Penyakit Jantung
Tips, Health & Lifestyle

Tips Mudik Aman bagi yang Punya Penyakit Jantung

08 June 2018 243

Apabila akan melakukan mudik tetapi Anda atau ada anggota keluarga yang memiliki kondisi penyakit jantung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegahnya menjadi fatal.

Menurut anggota Departemen Keorganisasian Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, dr. Ade Meidian Ambari, SpJP, paling tidak ada dua hal yang harus dilakukan jika memiliki riwayat sakit jantung dan akan melakukan mudik ke kampung halaman.

Baca Juga : Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Berikut ini tips mudik yang aman bagi yang punya penyakit jantung:

1. Membawa obat

"Jika punya riwayat penyakit jantung, yang pertama harus dibawa adalah semua obat-obatannya," kata Ade di Kantor PERKI, Jakarta Barat, ditulis Jumat (8/6).

Hal tersebut tentunya supaya tidak terjadi apa-apa saat melakukan perjalanan, atau bahkan selama berada di kampung halaman.

"Jadi jangan sampai lupa bawa obat. Kadang-kadang menyiapkan barang-barang untuk pulang kampung, kita lupa membawa obat. Akhirnya serangan jantung di kampung," ucap Ade.

2. Jangan terlalu lelah

Selain itu, orang dengan penyakit jantung menghindari kondisi terlalu lelah selama perjalanan. Menurut Ade mengemudi memang tidak terlalu membuat seseorang merasa lelah, tetapi hal itu bisa menimbulkan perasaan stres.

"Jika sudah capek, istirahat," Ade menambahkan. Terlebih saat ini sudah banyak tempat istirahat yang disediakan selama mudik lebaran di sepanjang perjalanan, kata Ade.

3. Makan baik

Yang berikutnya adalah Anda harus menjaga pola makan dan juga selalu mengonsumsi asupan yang sehat.

"Makan yang baik, jangan sampai telat, terus hati-hati," ujar Ade menambahkan.

 

Sumber: Liputan6.com

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索