Jusuf Kalla Terima Laporan Rencana Pembangunan Kantor Dewan Masjid Indonesia
News

Jusuf Kalla Terima Laporan Rencana Pembangunan Kantor Dewan Masjid Indonesia

09 August 2018 117

Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menerima Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Rudiantara beserta jajaran pengurus DMI di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara Jakarta, Rabu, (8/8).

Dalam pertemuan itu, Jusuf Kalla menerima laporan mengenai rencana pembangunan kantor DMI yang berada di Jalan Matraman, Jakarta Pusat. Selain itu, juga disampaikan penyusunan buku petunjuk mengenai Bangunan Masjid.

Jusuf Kalla meminta agar pembangunan kantor DMI agar tidak terlalu mewah dan memperhatikan konsep pembangunan yang hijau atau green buildng. Selain itu, dia meminta supaya kenyamanan lingkungan dan sarana parkir diperhatikan.

Sedangkan, untuk buku petunjuk tentang Bangunan Masjid, JK menyoroti standar sarana sound system masjid.

"Bangunan agar jangan terlalu mewah dan lebih bersifat green building. Karena 80 persen aktivitas di masjid dilakukan dengan mendengar. Jadi sound systemnya harus baik," ucap JK, Rabu (8/8).

Sementara itu, Rudiantara mengatakan pihaknya akan membangun kantor DMI. Dia meminta, JK agar berkenan meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan.

Menurut dia, pemerintah telah menyiapkan lahan untuk pembangunan kantor di Jalan Matraman, Jakarta Pusat. Nantinya, kantor akan diselesaikan selama kurun waktu 13 bulan setelah groundbreaking.

“Kami akan membangun kantor Dewan Masjid. Selama ini kantor nebeng di Istiqlal terus pindah ke jalan Borobudur, seperti nomaden. Insya Allah groundbreaking bulan ini dan rampung dalam kurun waktu kurang lebih 13 bulanan," ujarnya.

Dia menambahkan hanya ada dua negara di dunia yang masjidnya tidak diurus oleh negara, atau dalam tanda kutip ada beberapa yang takmirnya digaji oleh Pemda karena secara umum tidak diurus oleh Pemerintah, yaitu Indonesia dan Pakistan.

"Di Indonesia ini masjid itu ada 250 ribu dan musholah kurang lebih sekitar 550 ribu. Jadi paling besar di dunia," ucapnya.(Tribunnews.com)

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索