Tips Nyaman Bekerja di Kantor Bersama atau Coworking Space
Tips, Health & Lifestyle

Tips Nyaman Bekerja di Kantor Bersama atau Coworking Space

02 January 2019 296

Konsep kantor terbuka (open space) tengah jadi tren ruang perkantoran modern masa kini.

Ruang kantor tidak lagi didesain dengan ruangan-ruangan tertutup atau dengan pembatas. Semuanya dibuat terbuka, karyawan bekerja bersama dalam ruangan besar, tanpa sekat.

Baca Juga : Pengertian Coworking Space dan Keuntungannya

Bagi orang-orang introver, mudah terdistraksi, suka berbicara keras, dan orang yang menyukai privasi, bekerja di kantor terbuka bisa menjadi sebuah pergumulan dan perjuangan tersendiri. Lantas bagaimana caranya supaya bisa tetap nyaman dan fokus bekerja di suasana seperti itu?

Berikut ini beberapa tips seperti dilansir oleh Psychologytoday.com:

1. Bekerja di tempat yang sama

Jika memungkinkan, pilihlah satu posisi meja atau kursi yang sama untuk bekerja setiap hari. Atau jika sulit bekerja di tempat yang sama, pilih duduk disamping orang yang sama setiap hari. Hal ini akan membantu Anda untuk akrab dengan suasana.

2. Jangan bekerja dekat dengan ruang tamu

Orang-orang yang tidak dikenal dalam lingkungan kerja biasanya bisa mengganggu konsentrasi. Itulah mengapa, jika tempat Anda dekat dengan ruang tamu, lebih baik mengambil tempat yang lebih jauh dari sana.

3. Gunakan gadget

Apabila suasana kantor terasa berisik dan mengganggu, kenakanlah headset atau headphone. Anda juga perlu mematikan nada dering smartphone di kantor terbuka, supaya tidak membuat orang lain tersentak ketika ada telepon masuk.

4. Membangun dinding yang tidak terlihat

Buatlah dinding imajiner yang memberi tahu orang-orang bahwa Anda sedang fokus dan tidak ingin diganggu. Anda bisa memilih cara Anda sendiri seperti meletakkan bendera, atau penanda close/open di depan meja Anda.

Pastikan orang di sekitar Anda mengetahui bahwa ketika Anda meletakkan benda-benda tersebut berarti Anda sedang fokus sehingga sebaiknya tidak diganggu.

5. Berbicara di ruangan lain

Apabila Anda merasa terganggu dengan orang yang berbicara di sekitar Anda ketika bekerja, jangan lakukan hal yang sama. Jadilah panutan dengan pergi ke tempat lain ketika Anda harus membicarakan sesuatu dengan rekan kerja lainnya.

Baca Juga : Setelah Coworking Space Muncul Coliving Space yang Mirip Kos-kosan

6. Hindari gangguan visual

Terkadang gangguan utama dalam pekerjaan itu bukan berasal dari luar, namun dari diri sendiri. Salah satunya adalah gangguan visual di monitor Anda, seperti media sosial, notifikasi, dan lain-lain. Untuk tetap berkonsentrasi pastikan komputer Anda bebas dari gangguan semacam itu.

7. Jika perlu, bekerja di tempat lebih sepi

Jika tugas Anda membutuhkan konsentrasi, cobalah mencari tempat yang lebih tenang untuk bekerja sementara waktu. Cari tempat yang kosong atau sepi sampai pekerjaan Anda selesai.(bisnis.com)

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索