Berburu Barang Antik di Cat Steet Hong Kong
Food & Place

Berburu Barang Antik di Cat Steet Hong Kong

12 April 2019 151

Hong Kong tidak hanya menarik dari sisi modernitasnya, tapi juga sejarahnya. Untuk menengok masa lalu Hong Kong, tidak melulu harus mengunjungi tempat-tempat bersejarahnya. Bisa juga dari makanan, pakaian, sampai pernak-pernik unik nan antik.

Yap, salah satu destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan untuk berburu barang antik di Hong Kong ialah Upper Lascar Row, atau yang akrab dikenal dengan sebutan 'Cat Street'.

Nama 'Cat Street' tidak muncul tiba-tiba, alias diberikan kepada tempat ini sejak 1920-an. Dulunya, orang-orang India yang menjadi anggota militer Inggris diberi julukan 'Lascars'. Banyak dari mereka bekerja di kepolisian yang terletak di area tersebut.

Lambat laun, populasi mereka di Upper Lascar Row semakin bertambah. Akhirnya pada 1920-an, kawasan itu berubah menjadi pasar barang-barang antik dan bekas.

Tapi tidak sedikit orang yang lebih mengenal Upper Lascar Row sebagai pusatnya barang-barang curian dengan kualitas yang masih baik. Dalam Bahasa Kanton sendiri, barang-barang curian disebut 'barang tikus', dan para pembeli 'barang tikus' ini disebut 'kucing'. Maka, muncullah julukan 'Cat Street'.

Di sepanjang 'Cat Street', kamu bisa menemukan kalender ornamen berbentuk kepala Buddha, gantungan pintu, gelang, sumpit tradisional, sampai poster-poster lama bergambar pemimpin China.

Semua barang-barang ini dijual dengan harga yang berbeda-beda. Barang yang dijual di kios-kios kaki lima, bisa kamu dapatkan dengan harga yang relatif murah, sekitar 20 dolar Hong Kong sampai 250 dolar Hong Kong, atau Rp 40 ribu sampai Rp 450 ribu.

Karena 'Cat Street' berada dekat dengan Hollywood Road, tidak terlalu sulit, kok, untuk mencapai kawasan ini. Kamu bisa menggunakan MTR dan turun di Central Station Exit D2, lalu jalan kaki menuju Theatre Lane dan menyusuri sepanjang Queen's Road Central menuju Hollywood Road, Hong Kong.

Sumber: Kumparan

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索