4 Tempat wisata menarik di Bantul untuk libur lebaran
Tips, Health & Lifestyle

4 Tempat wisata menarik di Bantul untuk libur lebaran

29 May 2019 246

Mudik ke Bantul rasanya tidak lengkap tanpa mengunjungi beragam tempat wisata di Bumi Projotamansari ini. Kunjungi 4 destinasi ini bersama keluarga ya.

Beberapa tempat wisata di Bantul yang wajib dikunjungi pemudik antara lain Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir di kawasan Parangtritis, Taman Bunga di JJLS dan kawasan Desa Wisata Mangunan di Kecamatan Dlingo.

1. Taman Bunga di JJLS

Seperti halnya ketika melintasi Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Kecamatan Srandakan, pemudik bisa berswafoto di taman bunga yang berada di pinggir jalan tersebut. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan berupa bunga dengan aneka warna, di tempat tersebut pemudik dapat membeli bibit bunga celosia sebagai buah tangan. Salah satu pengelola Taman JJLS, Suparman (39) mengatakan, bahwa taman bunga di JJLS ini bisa dikatakan sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Bantul. Mengingat taman bunga yang memiliki luas 140 meter persegi ini baru dibangun tahun 2018.

"Taman ini dibuat sebelum lebaran tahun lalu, untuk bunga yang ditanam ada jenis bunga matahari, beraneka warna bunga celosia kenikir dan ada juga bunga tapakdara," ujarnya saat ditemui di Taman JJLS, Kecamatan Sanden, Bantul.

"Di taman bunga ini juga disediakan spot foto berupa jembatan dari bambu, bunga yang dibentuk hati dan sangkar burung," imbuh Suparman.

Warga Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul ini melanjutkan, untuk masuk ke taman JJLS sendiri hanya dikenakan biaya Rp 5 ribu. Di mana dengan biaya tersebut para pengunjung bisa sepuasnya menikmati pemandangan dan berswafoto ria di taman bunga tersebut.

"Selain itu kami juga menyediakan benih bunga celosia yang bisa dibeli pengunjung untuk oleh-oleh," ucapnya disela-sela menyirami bunga di taman JJLS.

2. Gumuk Pasir

Berjalan ke arah selatan, tepatnya ke kawasan Pantai Parangtritis detikcom mendatangi destinasi wisata selanjutnya yakni gumuk pasir. Namun, gumuk yang berada di Dusun Grogol 10, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul ini cenderung sepi pengunjung.

"Ya kalau pas bulan Ramadhan memang sepi seperti ini mas, dan ramai pengunjung itu setelah lebaran," ujar penyedia jasa sandboarding di gumuk pasir, Huri Aditama (24) saat ditemui di gumuk pasir, Dusun Grogol 10, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul.

Huri melanjutkan, karena ramainya pengunjung dimulai saat libur lebaran, ia dan teman-temannya mulai melakukan persiapan untuk menyambut para pengunjung. Menurutnya, persiapan yang dilakukan adalah membersihkan kawasan gumuk pasir dan mempersiapkan sandboarding.

"Kalau persiapan, kami lebih ke membersihkan gazebo, ayunan dan kaktus di sekitaran gumuk pasir (Dusun) Grogol 10 ini dan yang utama membersihkan papan sandboarding. Persiapan lainnya menambah spot foto berupa taman bunga di sebelah utara pantai," katanya.

Warga Dusun Grogol 10, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul ini menuturkan, untuk masuk ke gumuk pasir hanya dikenakan biaya parkir saja. Sedangkan untuk berseluncur di gumuk pasir dengan papan atau sandboarding dikenakan biaya sewa alat Rp 100 ribu tanpa batasan durasi pemakaian.

"Terus ada juga penyewaan mobil jip dan motor trail dengan sistem trip atau paketan, itu kalau pengunjung mau menjelajah kawasan gumuk pasir dan pantai. Untuk sewa jip yang dipakai trip harganya Rp 350 sampai Rp 550, biasanya rutenya dari gumuk pasir ke pantai lalu ke goa jepang," ujarnya.

"Untuk sewa motor Rp 120 ribu per 30 menit, tapi kalau paketan ada harga khususnya dan itu sudah sama leadernya juga," imbuh Huri.

Huri menambahkan, gumuk pasir sendiri mulai buka dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore. Karena jika lebih dari jam 6 sore wisatawan akan terkendala pencahayaan saat berseluncur di gumuk pasir, terlebih di gumuk pasir belum tersedia lampu penerangan yang memadai.

3. Pantai Parangtritis

Puas bermain di gumuk pasir, pengunjung dapat langsung menuju Pantai Parangtritis yang berada tidak jauh dari Dusun Grogol 10. Mengunjungi pantai tersebut, detikcom mendapati pemandangan pantai yang sepi, bahkan beberapa kios pedagang yang berada di pinggir pantai tampak tutup.

Salah seorang pedagang di kawasan Pantai Parangtritis, Parmi (45) menyebut bahwa situasi sepi memang terjadi apabila memasuki masa ramadhan. Namun, menjelang hari raya situasi di Pantai Parangtritis semakin ramai pengunjung. Terkait persiapan Pantai Parangtritis menyambut libur lebaran, Parmi mengatakan tidak melakukan persiapan khusus. Hanya saja ia bersama pedagang lain berencana membeli barang dagangan yang lebih banyak agar nantinya tidak kekurangan stok.

Perlu diketahui, untuk masuk ke kawasan Pantai Parangtritis hanya dikenakan retribusi Rp 10 ribu per orang, biaya tersebut sudah termasuk asuransi.

4. Kawasan Wisata Mangunan

Puas bermain air, pengunjung dapat bertolak ke kawasan Wisata Mangunan di Kecamatan Dlingo. Kawasan Wisata Mangunan sendiri memiliki beberapa destinasi wisata seperti kebun buah Mangunan dan kawasan hutan pinus yang menyuguhkan indahnya pemandangan alam dari ketinggian.

Ketua Koperasi Notowono atau pengelola objek wisata di Desa Terong, Muntuk dan Mangunan Kecamatan Dlingo, Bantul, Purwo Harsono mengatakan, menyambut libur Lebaran pihaknya melakukan berbagai persiapan seperti menambah spot foto di beberapa tempat wisata.

"Untuk persiapan libur Lebaran kami sudah memperbaiki spot foto dan lingkungan di tempat-tempat wisata. Seperti membuat spot foto baru seperti di Pinus Pengger, dan spot foto baru di Pinus Sari,"

Lanjut pria yang kerap disapa Ipung ini, hal itu untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata dan membuat wisatawan yang berkunjung tidak bosan dengan suasana di Hutan Pinus Mangunan. Mengenai tarif masuk ke tempat wisata, Ipung mengatakan belum ada rencana untuk menaikkan tarif saat libur Lebaran.

"Contohnya seperti di Pinus Pengger, satu orang hanya dikenakan tarif Rp 3 ribu, tarif itu sudah sama biaya asuransi Rp 500. Terus untuk biaya parkir motor Rp 2 ribu, mobil Rp 5 ribu, mobil travel Rp 15 ribu dan untuk bus besar Rp 20 ribu," pungkasnya.

Sumber: Detik

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索