Cara Mengatur Waktu Agar Anda Tidak Perlu Lembur Di Kantor
Tips, Health & Lifestyle

Cara Mengatur Waktu Agar Anda Tidak Perlu Lembur Di Kantor

19 February 2021 140

Tak bisa dipungkiri, setiap pekerja pasti pernah mengalami lembur atau kerja hingga melewati batas waktu bekerja normal. Meski dianggap lumrah, bekerja lembur sebenarnya tak baik bagi Anda para pekerja. Bekerja lebih dari jam yang sudah ditentukan, bisa membuat kesehatan Anda terganggu dan tentunya berakibat buruk dalam budaya kerja.

Agar tak lagi bekerja lembur, Anda sebagai pekerja memang wajib pintar-pintar membagi waktu. Jika merasa bingung bagaimana cara membagi waktu yang baik saat bekerja, maka tak ada salahnya Anda menyimak trik berikut ini.

1. Manage Waktu Sebaik Mungkin Ketika Bekerja

Seperti yang diketahui bersama, seorang karyawan memiliki waktu efektif bekerja kurang lebih 8-9 jam.

Karena itulah, usahakan untuk memiliki waktu yang produktif di jam-jam kerja tersebut. untuk memudahkannya, buatlah sebuah catatan hal-hal apa saja yang akan dikerjakan pada hari itu. Jangan lupa pula hitung estimasi penyelesaian pekerjaan yang Anda lakukan saat itu.

2. Membuat Daftar Rencana Kerja dan Skala Prioritas

Buatlah daftar rencan kerjanya dengan seksama dan menempelkannya di meja kantor atau mencatatnya di buku maupun smartphone Anda, boleh jadi ketika bekerja setiap harinya sudah memiliki gambaran pekerjaan yang akan dilakukan.

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu mencatat pekerjaan yang akan dilakukan setiap harinya kemudian urutkan prioritas pekerjaan tersebut.

Caranya adalah dengan menandai daftar pekerjaan yang memang urgent atau tidak urgent untuk dilakukan atau lihat tanggal deadline waktu batas pengerjaannya.

3. Menentukan Deadline Setiap Pekerjaan

Sebagai contoh, jika dalam satu hari Anda harus menyelesaikan 3 sampai 5 proyek, maka untuk bisa menyelesaikannya adalah dengan menentukan batas waktu atau deadline pengerjaan dalam satu hari.

Misalnya, satu proyek bisa dialokasikan waktu pengerjaannya selama 2-3 jam. Begitu pula dengan proyek lainnya tentukan batas waktunya hingga proyek tersebut bisa selesai sesuai jadwal.

Dengan menentukan deadline ini secara tidak langsung membantu Anda untuk bisa lebih bertanggung jawab. Pekerjaan pun tidak akan dikerjakan dengan asal-asalan tetapi memiliki kualitas yang baik dan sesuai.

4. Jangan Menunda-Nunda Pekerjaan

Dengan menunda-nunda pekerjaan, tentunya akan berakibat menumpuknya pekerjaan sehingga mengharuskan Anda untuk bekerja lembur.

Maka dari itu, ketika Anda dibebankan oleh tugas-tugas pekerjaan, biasakan untuk tidak menunda-nundanya. Dengan begitu, Anda tidak perlu bersusah payah untuk melakukan lembur karena pekerjaan Anda selalu dikerjakan sesuai deadline.

5. Bekerja dengan Hati-hati Tidak Tergesa-gesa

Ketika Anda bekerja, cobalah untuk bekerja dengan hati-hati dan tidak tergesa-gesa. Bisa tebayang bukan, jika Anda tergesa-gesa untuk mengerjakan dan hasil pekerjaan tidak optimal, alih-alih ingin pulang tepat waktu, membuat Anda harus lembur.

Harus diingat, pekerjaan yang semakin cepat untuk diselesaikan pun bisa berdampak pada hubungan Anda dengan keluarga, yaitu semakin harmonis dan semakin banyak waktu luang bersama mereka.

6. Tidak Multitasking

Apakah Anda tipe karyawan yang suka multitasking? Jika iya, terkadang cara tersebut memudahkan pekerjaan dan semakin cepat untuk selesai.

Namun, untuk mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus terkadang tidak membuat efisien dan juga efektif.

Hal ini bisa membuat fokus Anda terpecah hingga hasil pekerjaan tidak bisa diselesaikan dengan baik atau maksimal walaupun sudah bisa menyelesaikannya dengan tepat waktu.

Perlu diketahui, bahwasannya otak akan bekerja dengan baik ketika seseorang bisa fokus dan berkonsentrasi pada satu hal.

7. Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Orang lain

Cara berikutnya adalah dengan mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain. Mendelegasikan ini bukan berarti melepaskan tanggung jawab Anda kepada karyawan lain .

Bila segala sesuatu dikerjakan sendiri, hal itu akan berpengaruh kepada kesehatan Anda. Pekerjaan pun biasanya tidak akan bisa dikerjakan dengan hasil yang optimal.

Mulai sekarang, beranikan diri untuk mendelegasikan pekerjaan jika memang membutuhkan kerjasama tim. Dengan begitu, Anda bisa pulang dengan tepat waktu tanpa harus sering lembur.

8. Lakukan Evaluasi Setiap Hari

Cara terakhir adalah dengan melakukan evaluasi setiap harinya. Cara mengevaluasinya adalah dengan melihat target yang ditetapkan dan kesesuaian Anda dalam menyelesaikannya.

Jika tidak sesuai target tentunya, harus melakukan strategi lain untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Demikianlah mengenai cara mengatur waktu agar Anda tidak lembur kantor. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索