Inilah beberapa ciri computer yang terinfeksi Ransomware WannaCry
News

Inilah beberapa ciri computer yang terinfeksi Ransomware WannaCry

16 May 2017 278

Sekitar akhir pekan yang lalu, netizen digemparkan oleh beredarnya jenis virus Ransomware yang bernama WannaCry. Dilaporkan sekitar 150 negara di seluruh penjuru dunia telah terjangkit virus komputer yang satu ini. WannaCry beraksi dengan menenkripsi atau mengunci semua data yang ada didalam komputer korbannya. Di Indonesia sendiri, virus WannaCry dilaporkan mulai menyerang beberapa rumah sakit sejak hari Jumat, tanggal 12 Mei 2017 yang lalu. Rumah sakit yang menjadi korban Ransomware tersebut adalah Dharmais dan Harapan Kita.

WannaCry ini dianggap sebagai serangan cyber terbesar yang pernah ada. Pemerintah Indonesia pun tidak ketinggalan dalam melakukan tindakan yaitu dengan mengumumkan cara cara yang perlu dilakukan guna mencegah penyebaran Ransomware tersebut. WannaCry mengincar semua komputer ataupun laptop yang berbasis Windows yang pengguna nya jarang melakukan peremajaan sistem atau update rutin. Sebenarnya dari pihak Microsoft pun sudah mengeluarkan patch terbaru untuk menangkal penyebaran dari WannaCry tersebut, namun banyak pengguna yang mengabaikan patch terbaru itu.

Nah, sekarang ciri ciri atau tanda dari komputer yang sudah terkena Ransomware Wannacry tersebut adalah munculnya pop-up window yang bertuliskan pesan yang menyatakan bahwa komputer tersebut telah dienkripsi atau dikunci. Pada jendela tersebut juga terdapat cara untuk membuka kembali semua file yang telah dienkripsi, tentunya dengan membayarkan sejumlah uang dalam bentuk bitcoin yang kurang lebih setara dengan 4 juta rupiah. Selain itu, pada jendela tersebut juga menampilkan batas waktu pembayaran yang jika sudah terlewati maka, nilai pembayarannya akan meningkat, dan juga jika masih tidak dibayarkan juga, maka data dapat hilang selamanya. Kemudian, wallpaper dari komputer yang terinfeksi juga akan diganti dengan tulusan “Ooops, your important files are encrypted”

Hal tersebut diatas tentunya dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua agar rutin untuk selalu melakukan update dari sistem operasi di komputer atau laptop kita agar hal semacam ini tidak terjadi lagi dikemudian hari.

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索