Ini Dia Tips nya Agar KPR Anda Disetujui
Property

Ini Dia Tips nya Agar KPR Anda Disetujui

18 May 2017 106

Kredit Pemilikan Rumah atau yang biasa kita sebut dengan KPR hingga kini masih menjadi pilihan populer masyarakat sebagai fasilitas utama dalam melakukan pembelian rumah tinggal. Berdasarkan data dari Bank Indonesia pada kuartal IV tahun 2016 menyebutkan bahwa konsumen yang menggunakan KPR sebesar 77,22 persen, sementara yang memilih skema pembayaran tunai bertahap sebesar 15,91 persen.Hal tersebut tentunya mendorong pertumbuhan total KPR tercatat hingga sebesar Rp 362,84 triliun atau naik 1,90 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Beberapa persyaratan untuk mengajukan KPR adalah mengisi formulir aplikasi selengkap mungkin, fotokopi KTP pemohon serta pasangan suami/istri bagi yang sudah berkeluarga, fotokopi surat nikah/cerai untuk yang telah menikah atau bercerai, dan fotokopi Kartu Keluarga. Kemudian fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir, fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan slip gaji asli untuk gaji terakhir atau surat keterangan penghasilan.

Kemudian, Hal lainnya yang akan dipertimbangkan oleh perbankan adalah usia dari pemohon KPR. Usia sangat mempengaruhi jangka waktu atau tenpr kredit pemberian perbankan. Bagi pemohon KPR berusia di bawah 40 tahun biasanya mendapat fasilitas tenor kredit hingga 15 tahun. Sedangkan bagi pemohon yang berusia di atas 40 tahun, tenor kredit akan disesuaikan dengan usia produktif mereka, maksimal seperti yang telah disebutkan.

Lalu dari segi pekerjaan, perbankan juga akan memerhatikannya. setiap pemohon KPR diwajibkan untuk memiliki pekerjaan tetap baik sebagai pegawai atau wiraswasta atau profesional. Masa kerja minimal 1 tahun bagi pegawai atau karyawan dan telah melewati masa percobaan dan 2 tahun bagi profesional. Informasi mengenai pekerjaan calon pemohon ini sangat diperlukan bagi pihak bank untuk memastikan bahwa pemohon nantinya mampu membayar tunggakan kredit serta memiliki sumber penghasilan yang tetap atau stabil.

Berikutnya adalah pendapatan atau penghasilan dari si pemohon. Baik perbankan atau pengembang akan melihat gaji pemohon yang akan menentukan jumlah kredit serta jangka waktu kredit yang diberikan. Maka daripada itu, pihak bank akan meminta pemohon melampirkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan saat proses aplikasi. Biasanya bank akan memberikan cicilan angsuran sebesar 30 persen-33 persen dari total gaji.

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索