Bulan Ini Jadi Bulan Tertib Trotoar
News

Bulan Ini Jadi Bulan Tertib Trotoar

03 August 2017 228

Belakangan ini cukup banyak pengguna jalan raya yang sangat tidak menghargai hak para pejalan kaki. Bahkan para pengendara motor sering kali dengan santainya dan merasa tanpa dosa menggunakan trotoar dengan alasan lebih cepat dan menghindari macet. Sempat viral juga beberapa saat yang lalu ketika ada pengendara motor yang tertangkap sedang berkendara ditrotoar. Setelah dihadang oleh sejumlah warga dan aktivis, si pengendara malah marah marah dan mengancam yang menghadangnya.

Oleh sebab itu Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Instruksi Gubernur No. 99 Tahun 2017 yang menjadikan bulan ini (Agustus) 2017 sebagai bulan tertib trotoar. Instruksi ini berlaku selama satu bulan penuh mulai 1 Agustus hingga 31 Agustus 2017 yang akan datang. AKBP Budiyanto selaku Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro mengatakan bahwa gerakan tersebut dicanangkan karena beliau mendapati masih banyak sekali aduan masyarakat mengenai pelanggaran pada sarana pejalan kaki atau trotoar. Hal tersebut berarti juga bahwa hak dan kewajiban dari pejalan kaki dalam berlalu lintas tidak terpenuhi dengan baik.

Hal tersebut juga diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 131 Ayat 1 yang berbunyi pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung berupa trotoar, tempat penyebrangan, dan fasilitas lain. Kemudian disebut juga dengan tegas dalam Pasal 106 Ayat 2 bahwa setiap orang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda.

Saksi pidana untuk pelanggaran ini sesuai dengan peraturan tersebut adalah saksi pidana kurungan dua bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah). Beberapa waktu belakangan ini pihak kepolisian telah melakukan kegiatan penertiban dan penindakan disejumlah lokasi trotoar. Dari kegiatan yang dilakukan dari 17 Juli sampai 1 Agustus 2017 didapatkan jumlah pelanggar yang melawan arus dan melewati trotoar sebanyak 8.235 pelanggaran.

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索