Kopi Oey, Kedai Milik Bondan Winarno 'Pokoe Maknyuss'
Tips, Health & Lifestyle

Kopi Oey, Kedai Milik Bondan Winarno 'Pokoe Maknyuss'

30 November 2017 159

Dunia kuliner Indonesia tengah dirundung duka. Maestro kuliner Indonesia, Bondan Winarno, meninggal dunia kemarin, Rabu (29/11/2017) di RS Harapan Kita. Pak Bondan ngetop dengan rekomendasi kuliner Nusantara yang bisa bikin orang 'ngiler', ternyata juga memiliki bisnis kuliner. Kopi Oey namanya.

Bondan Winarno Meninggal Dunia

Outletnya sudah tersebar ke pelosok negeri dan banyak diburu oleh para penikmat kuliner. Suasana tempoe doeloe akan sangat terasa jika Anda mengunjungi kedai Kopi Oey. Lalu, mengapa diberi nama Kopi Oey?

Usul punya usul, nama 'Oey' ternyata berasal dari nama aslinya, Bondan Oeynarno, dengan Bahasa Indonesia ejaan yang belum disempurnakan. Sebagai pemilik tunggal PT. Kopitiam Oey Indonesia, Pak Bondan terlibat aktif di dalamnya, mulai dari mendesain outlet, menentukan interior dan eksterior, membuat dan menentukan menu yang akan disajikan, serta menjaga kualitas, menanggapi saran dan kritik dari para pengunjung outletnya.

kedai kopi oey

Soto Ndeso Kopi Oey

Pria kelahiran 29 April 1950 ini sempat bercerita tentang awal mula berdirinya kedai Kopi Oey. Dilansir dari situs kopioey.com, ia menulisnya dengan ejaan lama.

"Saja berfikir keras oentoek bisa menjadjiken koffie bermoetoe di tempat njang njaman, tetapi harganja tida bole mahal. Haroes ada oentoeng, soepaja oesaha bole voortbestaan alias teroes madjoe. Tetapi, para tamoe misti diberi harga njang masoek akal, soepaja marika njang boemipoetra maoepoen kaoem vreemde oosterlingen atawa kaoem peranakan njang toempa dara di negeri ini dapet bangga menikmati koffie sebagai productie bangsa sendiri," tulisnya.

Kopi susu dingin dalam kemasan praktis

Kini, pria yang kondang dengan slogan 'Pokoe Maknyuss' itu telah tiada. Tetapi jasa-jasanya dalam memajukan dan juga mempromosikan kuliner Tanah Air tidak akan pernah terlupakan. Selamat jalan Pak Bondan.

 

Sumber

Foto: Twitter @kopioey

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索