Musim Liburan Masih di Kantor? Ini Tipsnya Agar Tetap Produktif
Tips, Health & Lifestyle

Musim Liburan Masih di Kantor? Ini Tipsnya Agar Tetap Produktif

29 December 2017 392

Musim liburan seperti ini membuat kita jadi malas-malasan untuk bekerja.

Namun terkadang, tuntutan pekerjaan membuat kita harus tetap ngantor. Melihat suasana kantor yang lebih sepi dari biasanya, makin membuat kita jadi malas kerja. Tentu saja hal tersebut dapat memengaruhi produktivitas Anda di kantor.

 

Berikut tips supaya produktivitas terjaga atau bahkan meningkat saat suasana liburan.

1. Jangan mengirim banyak pesan mengenai pekerjaan

Kemungkinan besar, beberapa klien Anda sedang berlibur. Jadi, sebaiknya Anda tidak menghubungi mereka untuk urusan pekerjaan jika tidak sangat mendesak.

Sangat kecil kemungkinannya mereka akan membalas email yang terkait dengan pekerjaan.

Nick Douglas, salah satu staf di Lifehacker mengatakan bahwa terlalu banyak mengirim email tentang pekerjaan di saat musim liburan bukanlah hal yang efektif. Karena kebanyakan orang tidak akan membalasnya.

"Kecuali e-mail tersebut sangat penting dan mendesak, jangan repot-repot untuk mengirimkannya. Anda bisa menundanya terlebih dahulu," kata Nick Douglas.

Sebagai tips, Anda bisa menyimpan e-mail tersebut dalam draft.

2. Gunakan waktu untuk lebih fokus

Sisi posistif saat Anda harus ke kantor saat musim libur ini adalah suasana yang lebih sepi dari biasanya.

Ini hal yang bagus. Anda bisa lebih konsentrasi dan fokus pada pekerjaan.

Suasana liburan seperti ini adalah saat yang tepat untuk Anda mengerjakan pekerjaan yang memungkinkan Anda mendapat promosi.

3. Pergilah makan siang dengan orang lain

Ini adalah saat yang tepat untuk lebih mengenal rekan kerja Anda.

Dilansir dari Mental FLoss, Kate Rockwood seorang wartawan freelance, mengatakan bahwa ketika kebanyakan orang tidak berada di kantor, Anda harus mengundang seorang rekan kerja untuk makan siang bersama dan mendengarkan saran dari seorang ahli.

4. Berdiskusi dengan atasan

Biasanya, perusahaan memiliki review performa pekerjanya di akhir tahun.

Namun, jika perusahaan Anda tidak melakukannya, Anda bisa bertanya langsung pada atasan Anda.

Anda bisa membuat daftar pertanyaan, kekhawatiran atau ide Anda untuk kemajuan perusahaan.

Kemudian, Anda bisa mengajak atasan Anda untuk mendiskusikannya.

Ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Jika Anda tidak segera menemui atasan untuk mendiskusikan performa Anda, lalu bagaimana Anda bisa melakukan perbaikan diri?

Anda tidak harus menunggu tahun 2018 datang untuk mewujudkan resolusi Anda.(Kompas.com/Ariska Puspita Anggraini)

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索