Dishub DKI akan Minta Perkantoran Jadi Area Parkir Asian Games
News

Dishub DKI akan Minta Perkantoran Jadi Area Parkir Asian Games

26 June 2018 142

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sedang menambah lahan parkir di perkantoran bagi kendaraan penonton Asian Games. Rencana ini sedang dikoordinasikan dengan sejumlah pihak, termasuk pihak swasta.

"Kawasan GBK (Gelora Bung Karno) ini steril dari lokasi parkir. Ini yang lagi digagas juga penambahan lahan parkir di gedung pemerintah dan milik swasta. Ini kita lagi komunikasikan," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (25/6).

"Artinya, kita mau minta beberapa persen ruang parkir yang ada di gedung perkantoran tersebut sebagai area parkir penonton Asian Games," tambahnya.

Nantinya, lahan parkir tersebut akan terintgrasi dengan bus TransJakarta khusus Asian Games. Setidaknya, Pemprov DKI telah menyiapkan 1.500 bus untuk Asian Games.

"Nanti diintegrasikan dengan public transportation melalui TransJakarta. Itu yang sedang kami matangkan dan finalkan," kata Sigit.

Sigit menjelaskan tujuan dari rencana itu adalah mengedepankan faktor keamanan dan layanan kepada masyarakat dalam menyambut Asian Games. Dengan tempat parkir yang terintegrasi dengan bus TransJakarta, diharapkan masyarakat merasa terbantukan.

"Intinya bagaimana masyarakat terlayani dengan baik. Tidak ada penumpukan kendaraan (macet) dan hal-hal yang menyusahkan masyarakat," ucapnya.

Penyediaan bus bagi penonton diharapkan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi menuju venue Asian Games. Nantinya, petugas Dishub akan mengatur lalu lintas menuju venue Asian Games.

"Kedua tentunya menambah petugas khusus di ruas jalur alternatif sehingga dapat mengurai kemacetan yang ada, termasuk juga mengontrol, mana prioritas waktu hijau di beberapa simpang ruas alternatif," tutup dia. Kumparan.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building