5 Tips Merencanakan Karir dan Masa Depan di Kantor
Tips, Health & Lifestyle

5 Tips Merencanakan Karir dan Masa Depan di Kantor

29 June 2018 167

Manajemen karir bukan hanya hal yang baik untuk dilakukan, tetapi memang harus dilakukan, jika Anda mengharapkan kebahagiaan dan kesuksesan dari waktu yang sudah Anda investasikan dalam pekerjaan.

Faktanya, Anda bekerja 40 jam seminggu untuk di masa dewasa Anda. Jadi mengapa tidak membuat 40 jam tersebut menjadi hal terbaik yang bisa Anda ciptakan?

Baca Juga :

7 Tips Berkonsentrasi di Tengah Kebisingan Kantor
Tips Supaya Jadi Karyawan Menyenangkan di Kantor
5 Tips Mudah Mengelola Emosi di Kantor

Manajemen karier adalah jawabannya, di mana Anda bisa mengatur perencanaan dan bekerja untuk mendapatkan keterampilan, kemampuan, dan pengalaman. Anda penuh dengan bakat dan keterampilan, oleh karena itu baik untuk mengembangkan keterampilan Anda.

Pengusaha akan mempekerjakan dan mempertahankan karyawan yang memberikan nilai terbaik. Jadi anggaplah diri Anda seperti bisnis dimana sebagai produk untuk dijual, maka Anda harus menciptakan strategi untuk memasarkan nilai Anda di kantor.

Berikut 5 Tips untuk mengembangkan karier Anda di kantor seperti dilansir The Balance, Minggu (21/1/2018).

  1. Secara aktif libatkan manajer Anda dalam diskusi tentang tujuan karir Anda, dan berkolaborasi untuk menciptakan rencana pengembangan karir. Kesempatan paling signifikan untuk memberikan pengaruh pada karir Anda adalah melibatkan manajer Anda dalam proses perencanaan karir.
  2. Selidiki persyaratan keterampilan jangka pendek dan jangka panjang karir Anda. Pahamilah persyaratan pendidikan, keterampilan, teknologi, dan pengalaman, dan kembangkan rencana karir sementara di bidang tersebut untuk mencapai tujuan karir jangka panjang Anda.
  3. Mintalah pertemuan empat mata dengan rekan kerja dan manajer untuk mendapat informasi dari mereka. Tujuan dari pertemuan singkat ini adalah mengumpulkan informasi untuk membantu Anda belajar membuat keputusan karir. Orang umumnya bersedia untuk berbagi kisah sukses mereka dan nasihat mereka.
  4. Tawarkan diri untuk menyelesaikan proyek dan tugas yang menantang. Salah satu cara terbaik untuk memajukan karir Anda adalah mengidentifikasi masalah di dalam organisasi Anda dan mengajukan sebuah solusi. Dengan menawarkan solusi, tidak hanya akan meningkatkan visibilitas Anda sebagai pemecah masalah di organisasi, tapi juga turut mengembangkan keahlian Anda.
  5. Konsultasikan dengan bagian HRD untuk belajar tentang pengembangan karir dan kesempatan kerja seperti meminta kesempatan untuk mendapat gelar sarjana atau sertifikasi yang dibiayai perusahaan, mengenai pelatihan teknis atau kursus profesional dan mengenai info lowongan kerja yang tersedia.
  6. Manfaatkan kesempatan yang ada. Pertahankan momentum dan komit Anda dalam mengembangkan keterampilan dan perbaikan secara terus-menerus. Dengan merencanakan strategi karier, Anda akan meningkatkan kesempatan untuk tetap dapat dipekerjakan dan mencapai tujuan karir jangka panjang Anda. (mrt/okezone.com)
  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building