Salahi IMB, Gedung Perkantoran Mewah ini Dibongkar Paksa
News

Salahi IMB, Gedung Perkantoran Mewah ini Dibongkar Paksa

01 August 2018 135

Gedung perkantoran mewah enam lantai di Jalan Radio Dalam Raya, Kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dibongkar oleh petugas, Selasa (31/7/2018). Aksi bongkar paksa ini dilakukan lantaran pembangunannya menyalahi izin mendirikan bangunan (IMB).

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Arifin mengatakan bangunan ini dibongkar karena melanggar IMB. Dalam penertiban ini pihaknya mengedepankan pendekatan secara persuasif dan humanisme dalam melakukan penertiban.

“Penertiban ini sekaligus untuk memberikan contoh kepada masyarakat, supaya mereka sadar aturan saat mendirikan bangunan. Dalam penertiban bangunan ini tidak pandang bulu, siapapun akan diambil tindakan tegas jika melanggar,” kata Arifin.

Wakil Walikota juga mengatakan, Pemkot Jaksel melalui Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertahanan Kota, Jakarta Selatan, sebelumnya sudah memberikan berbagai peringatan kepada pemilik rumah terkait dengan penertiban tersebut.

“Sudah dikeluarkan Surat Peringatan, Surat Segel, dan Surat Perintah Bongkar (SPB), tetapi tidak ada respon positif sehingga terpaksa kami tertibkan,” jelasnya.

Sementara Kasatpol PP Jakarta Selatan, Ujang Harmawan mengatakan, bangunan tersebut adalah perkantoran swasta yang melakukan renovasi. Tetapi, saat pelasanaan pembangunan pemilik lambat mengurus perizinan tambahan ke PTSP.

“Ini sudah ada izin, tetapi karena melakukan renovasi bangunan tambahan, mereka terlambat mengurus izin,” kata Ujang didampingi Kasi Trantibum Luasman Manihuruk.

Kepala Seksi Cipta Karta Tata Ruang dan Pertanahan (Citata), Kecamatan Kebayoran Baru, Isbandiantoro mengakui pihaknya merekomendasikan bangunan mewah enam lantai itu untuk di bongkar. Menurutnya, ini dilakukan karena pemiliknya dalam membangun melanggar IMB.

“Pelanggarannya itu karena dari enam lantai dua lantai yakni lantai lima dan enam tidak memiliki ijin. Sebelumnya kami juga sudah layangkan SP, segel hingga Surat Perintah Bongkar (SPB), tetapi tetap saja tidak diindahkan. Atas kondisi inilah kami mengambil tindakan tegas untuk membongkarnya,” kata Isbandiatoro, Selasa (10/7/2018).

Kasie Citata Kebayoran Baru juga mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu mentaati peraturan dan membangun sesuai dengan izin yang diberikan. Jika tidak pihaknya tidak segan-segan mengambil tindakan untuk membongkarnya. (wandi/poskotanews.com)

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building