Bisnis Perkantoran di Surabaya dapat Pesaing Ruko dan Rukan
Property

Bisnis Perkantoran di Surabaya dapat Pesaing Ruko dan Rukan

15 August 2018 276

Pada paruh pertama 2018, pasar perkantoran di Surabaya, Jawa Timur belum bisa bergerak dengan cepat.

Keberadaan ruko dan rukan masih menjadi salah satu di antara pesaing terbesar untuk pasar perkantoran di ibukota provinsi Jawa timur itu.

Ruko dan rukan menawarkan harga sewa lebih murah daripada gedung perkantoran.

Baca Juga : Surabaya Bakal Punya Central Business District

Ferry Salanto, Senior Associate Director Colliers International mengatakan, rata-rata penyerapan ruang kantor di kota pahlawan hanya terserap sekitar 14 ribu meter persegi terhitung dari 2010 hingga 2017.

Kata dia, penyerapan ruang kantor di Surabaya pada semester pertama 2018 ini tergolong lamban. Durasi yang lebih lama dalam penyerapan perkantoran memberikan pengaruh kepada harga jual/sewa.

"Namun dalam dua tahun terakhir, tingkat hunian kantor di Surabaya naik, walaupun itu masih tergolong rendah," terangnya saat pemaparan Surabaya Property Market di Four Points Tunjungan Plaza 6 Surabaya, Selasa (14/8).

Ferry menjelaskan, faktor utama kenaikan permintaan ruang kantor tersebut adalah dari bisnis pelayaran, perbankan, asuransi, dan perbankan dari sisi penyewaan.

"Saat ini tren yang berkembang adalah gedung bisa dijual dan disewa karena developer itu pasti membutuhkan cashflow. Tetapi yang pasti, itu tergantung kebutuhan," katanya.

Sementara dari segi pasokan perkantoran di Surabaya, pada semester pertama 2018 tergolong masih relatif kecil. Tercatat, pertumbuhannya hampir 2 persen dengan skala penyerapannya.

"Namun, tambahan pasokan yang besar nantinya akan terjadi di semester kedua 2018 hingga 2021. Tambahan pasokan ruang kantor itu dapat menekan rata-rata tingkat hunian perkantoran di Surabaya," paparnya.

Baca Juga : Puluhan Gedung Perkantoran Baru Siap Masuk Surabaya

Catatan Colliers menunjukkan, dari 2018 hingga 2021 setidaknya ada 11 gedung perkantoran baru yang menyediakan ruang kantor dengan total lahan seluas 330 ribu meter persegi.

Selama semester pertama 2018, delapan gedung perkantoran baru masih dalam proses pembangunan. Sementara, empat gedung perkantoran baru dijadwalkan rampung pengerjaannya di akhir 2018 dengan total ruang seluas 65 ribu meter persegi.(jatim.tribunnews.com)

Foto: Detta Priyandika

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building