Alasan Mengapa Cahaya Alami di Ruang Kantor Dibutuhkan
Interior

Alasan Mengapa Cahaya Alami di Ruang Kantor Dibutuhkan

10 September 2018 144

Banyak perusahaan kini mengubah desain ruang kantor mereka meniru desain berbagai startup teknologi.

Desain tersebut tentu saja membuat banyak karyawan menjadi lebih betah. Lebih lagi ditambah dengan berbagai fasilitas penunjang seperti sofa nyaman, ruangan permainan, dan juga dapur yang penuh dengan camilan gratis.

Tetapi survei terbaru dari Future Workplace yang bertajuk "The Employee Experience" mengungkapkan bahwa karyawan mendambakan sesuatu yang lebih mendasar dan lebih penting dalam kebutuhan manusia.

Baca Juga : Desain Kantor yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Dalam survei terhadap 1.614 karyawan di Amerika Utara, cahaya alami di dalam ruangan serta akses pemandangan ke luar ruangan adalah hal yang paling diharapkan ada di tempat kerja.

Lebih dari sepertiga koresponden mengaku tidak mendapatkan akses ke cahaya matahari di ruang kerja.

Sementara 47% karyawan yang memberikan suara mengaku merasa sangat kelelahan berada di ruang kerja tanpa cahaya alami atau jendela di kantornya. Dan  47% lainnya merasa kurang nyaman karena cahaya yang minim.

Hasil survei ini didukung oleh penelitian dari eMarketer Mobile Research. Penelitian ini melaporkan bahwa orang dewasa Amerika berusia lebih dari 18 tahun menghabiskan waktu sekitar empat jam per hari di depan layar.

Dalam survei The Employee Experience, sebanyak 73% karyawan setuju bahwa semakin lama mereka menghabiskan waktu dengan perangkat elektronik, maka semakin mereka menginginkan istirahat dengan melihat ke jendela atau berjalan kaki.

Penelitian oleh Alan Hedge dari Cornell University juga memperkuat hubungan antara cahaya alami dengan kebahagiaan karyawan. Penggunaan cahaya alami yang optimal secara signifikan dapat meningkatkan kebahagiaan karyawan.

Bahkan penelitian ini melaporkan kelelahan mata bisa turun sebanyak 51%, sakit kepala di antara karyawan menurun sebesar 63%, dan rasa kantuk bisa berkurang sebesar 56%.

Baca Juga : Interior Kantor Perusahaan Top Dunia Dengan Desain Yang Nyaman

Manfaat mendasar cahaya alami dari matahari terhadap kesehatan juga tercermin dari The Spheres. Kantor pusat Amazon di Seattle ini memiliki konsep unik yang menggabungkan kubah kaca dengan hutan buatan yang memiliki 40.000 tanaman.

The Spheres. Kantor pusat Amazon di Seattle

The Spheres - Amazon

The Spheres

Dengan dibukanya perkantoran ini, Amazon membuktikan bahwa suplai cahaya alami dan aktivitas seperti berjalan dapat mengurangi stres pada karyawan dan meningkatkan kepuasan kerja.

Tentu saja cahaya alami bukan hanya satu-satunya faktor yang berguna untuk meningkatkan kinerja dan juga kesehatan karyawan. Kualitas udara yang baik juga menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan.(Kompas.com)

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building