Paparan Sinar Matahari Membuat Ruangan Kantor Bebas Bakteri
Tips, Health & Lifestyle

Paparan Sinar Matahari Membuat Ruangan Kantor Bebas Bakteri

23 October 2018 105

Sinar matahari benar-benar dapat membunuh kuman dan bakteri, terutama bakteri yang biasa hidup didalam ruangan seperti kamar dan juga kantor.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ashkaan Fahimipour dari University of Oregon menyebut paparan sinar matahari ke dalam ruangan kantor bisa memengaruhi kesehatan para karyawan. Semakin banyak sinar matahari yang masuk ke dalam satu ruangan, akan semakin rendah pula jumlah bakteri yang ada.

Baca Juga : Perusahaan ini Renovasi Kantor supaya Karyawannya Lebih Sehat

"Ketika merancang gedung, sudut jendela serta paparan sinar matahari harus diperhitungkan sejak awal demi memangkas jumlah bakteri yang dapat merugikan kesehatan," kata Fahimipour, seperti dikutip dari laman ABC News.

Peneliti mengungkap bahwa sekitar 12% bakteri dapat hidup dan berkembang biak didalam ruangan yang gelap dan dingin (lembab).

Tetapi jika ruangan tersebut mendapat paparan sinar matahari langsung, maka jumlah bakteri yang bisa hidup di dalam ruangan kantor turun sampai lebih dari 50%.

Sayangnya, penelitian Fahimipour tidak menyebutkan dengan jelas bakteri apa saja yang mati begitu terpapar sinar matahari, dan bakteri mana yang kuat bertahan hidup di ruangan kantor dalam waktu lama.

Baca Juga : Cara Menjaga Kualitas Udara di Dalam Kantor Tetap Sehat

Walau begitu, memiliki ruangan kantor yang kaya sinar matahari tetap memberikan manfaat. Sinar matahari diketahui bisa menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Paparan sinar matahari juga diketahui membantu membuat mood tetap semangat, mengurangi risiko rasa kantuk dan lelah di kantor, dan juga membantu kita mengolah vitamin D dengan optimal.(suara.com)

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building