Merasa Lelah Berlebih di Kantor? Ini 5 Tips Mengatasinya
Tips, Health & Lifestyle

Merasa Lelah Berlebih di Kantor? Ini 5 Tips Mengatasinya

07 December 2018 63

Lelah setelah bekerja seharian merupakan hal yang wajar. Namun, jika Anda merasa sangat lelah padahal
masih bekerja di kantor, kemungkinan ada hal yang salah dengan tubuh atau rutinitas yang Anda
lakukan.

Tak hanya mengganggu konsentrasi dan produktivitas kerja, rasa lelah atau capek juga dapat
mempengaruhi kehidupan sosial Anda. Seperti contoh, janji makan malam dengan teman-teman lama
terpaksa dibatalkan karena tubuh sudah terlalu lelah.

Seperti dilansir dari Bustle dan Health, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencoba meningkatkan energi saat merasa lelah di kantor:

1. Makan siang dengan lemak sehat

Seorang dokter praktisi fungsional, Will Cole, menyarankan agar Anda mendapatkan cukup banyak lemak sehat sepanjang hari.

"Karena hampir 60 persen dari otak terdiri dari lemak, jadi masuk akal jika memberi asupan lemak untuk otak,” ucapnya.

Tidak seperti gula, lemak memiliki sifat yang lambat dalam proses pencernaan dan juga tahan lama. Beberapa sumber lemak sehat adalah ikan, kelapa, atau alpukat.

Anda juga sebaiknya selalu menyediakan makanan ringan seperti kacang, yogurt, atau cokelat hitam yang setidaknya mengandung 70 persen kandungan kakao. Asupan lemak sehat yang baik untuk otak akan mencegah energi menurun sepanjang hari.

2. Minum air es

Jika tidak lapar, Anda bisa mencoba minum air es. Mengapa? Karena ketika tubuh Anda menerima perubahan suhu pada tubuh, akan terjadi sentakan dan keterkejutan pada tubuh. Hal ini akan membuat tubuh dalam posisi waspada.

Dehidrasi juga bisa membuat tubuh mengalami kelelahan. Oleh sebab itu, minum air bisa membantu meningkatkan energi Anda.

3. Istirahat sejenak

Selain mengistirahatkan fisik, cobalah untuk mengistirahatkan mental dengan cara yang paling produktif menurut Anda. Jangan coba untuk terlalu memforsir tenaga Anda.

Menurut seorang dokter dan penulis bersertifikat, Shilpi Agarwal, saat Anda mencoba untuk melawan kelelahan, produktivitas justru akan hilang dan akhirnya malah akan merasa memiliki lebih banyak masalah. Atur alarm selama 5-10 menit dan tenangkan kepala.

4. Berjalan-jalanlah

Berjalan-jalan atau sekadar beranjak dari kursi cukup efektif membantu mengatasi kelelahan. Dorongan energi akan datang dari perubahan posisi tubuh, yang juga meningkatkan detak jantung.

Dengan meningkatnya detak jantung, kelelahan akan berkurang. Selain itu, Cole menambahkan bahwa dengan berjalan akan melepaskan endorfin yang memberi Anda dorongan energi untuk merasa lebih baik.

5. Bersosialisasi

Saat rasa lelah menghampiri, mungkin bersosialisasi adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Tetapi, menurut Agarwal, membicarakan kelelahan yang dialami justru bisa membantu mengurangi rasa lelah yang ada.

"Mengobrollah dengan rekan kerja. Interaksi sosial akan membuat Anda beranjak dari meja dan membantu meningkatkan energi," katanya.(Tempo.co)

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building