Penurunan Harga Sewa Kantor Surabaya Tidak Rugikan Pengusaha
Property

Penurunan Harga Sewa Kantor Surabaya Tidak Rugikan Pengusaha

29 January 2019 118

Kondisi pasar perkantoran yang stagnan membuat pengusaha perkantoran mengambil langkah turunkan harga jual dan sewa, tidak hanya di Jakarta, namun juga di kota besar lain seperti Surabaya, Jawa timur.

Angra Angreni, selaku Assistant Manager Coldwell Banker mengatakan, bahwa melihat kondisi pasar perkantoran saat ini, kenaikan harga jual dan sewa kantor diproyeksikan tidak akan stabil tiap tahunnya.

Baca juga : Surabaya Bakal Punya Central Business District

“Kisaran harga sewa kurang lebih sekitar Rp90.000 hingga Rp150.000 per meter persegi perbulan. Pada tahun 2019,harga sewa perkantoran diperkirakan tidak akan mengalami perubahan yang signifikan, bahkan terdapat sejumlah gedung yang berencana melakukan penyesuaian pada tarif sewa, contohnya dengan memberikan diskon untuk yang masa sewa lebih dari satu tahun,” ungkapnya kepada Bisnis, Selasa (15/1).

Sejauh ini, tambah Angra, penyesuaian harga yang dilakukan tidak sampai merugikan pengusaha perkantoran. Penurunan harga yang dilakukan secara umum hanya mengurangi margin yang didapat pengusaha.

“Pengusaha sendiri tentunya memiliki bottom harga yang sudah ditetapkan. Daripada ruang kantor dibiarkan dalam kondisi kosong, lebih baik manajemen gedung menyesuaikan harga sesuai dengan kebutuhan tenant. Karena semakin tinggi tingkat kekosongan, bertambah juga beban operasional gedung  yang ditanggung manajemen,” katanya.

Angra menambahkan, rata-rata tingkat hunian gedung perkantoran untuk disewa di kota Pahlawan mengalami sedikit kenaikan walaupun tidak signifikan, hanya 0,15 persen pada kuartal keempat 2018.

“Pada dasarnya, rata-rata tingkat hunian juga tidak terlalu tinggi, masih kurang dari 80 persen karena faktor relokasi dan down-sizing menuju akhir 2018, seperti oleh perusahaan jasa, asuransi, trading, telekomunikasi, dan lain-lain,” tambahnya.

Baca Juga : Bisnis Perkantoran di Surabaya dapat Pesaing Ruko dan Rukan

Selain itu, tenant perkantoran di Surabaya umumnya tidak fokus untuk menyewa lahan dengan ukuran besar karena bukan dipergunakan untuk kantor pusat.

Di tahun 2019, pasokan ruang kantor di Surabaya akan mengalami pertambahan hingga kurang lebih 80.860 meter persegi. Adapun, permintaan lokasi perkantoran saat ini didominasi oleh institusi finansial seperti bank, perusahaan asuransi, sekuritas, investasi, dan organisasi nonpemerintah (NGO).(www.bisnis.com)

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building