Penjara di Swedia Dirancang Layaknya Gedung Perkantoran
News

Penjara di Swedia Dirancang Layaknya Gedung Perkantoran

10 April 2019 182

Sebuah bangunan penjara di Swedia mendapatkan penghargaan ramah lingkungan. Bangunan itu adalah Tabellen 4 Sollentuna, yakni sebuah penjara denga tingkat keamanan tinggi di Kota Stockholm.

Sperti dilansir dari CNN, Senin (8/4), gedung penjara ini berhasil memenangkan BREEAM Public Projects 2019, sebuah penghargaan bagi gedung yang inisiatif dan juga ramah lingkungan.

BREEAM adalah metode penilaian lingkungan yang dioperasikan oleh Building Research Establishment (BRE) yang berbasis di Inggris. Menurut BRE, Tabellen 4 berfokus pada perbaikan lingkungan.

Baca Juga : Bangunan Ini Akan Jadi Gedung Kantor Kayu Tertinggi di Kanada

Penjara ini dirancang menggunakan atap hijau seluas 1.100 meter persegi yang terbuat dari tanaman dan juga rumput sungguhan. Selain itu, sistem saluran udara gedung ini dirancang agar bisa mendaur ulang panas dari udara.

Vegetasi dan rumput yang ada digunakan untuk melindungi atap dari radiasi matahari, curah hujan, serta perubahan suhu.

"Dan juga membantu memfasilitasi limpasan air permukaan ke properti, sekaligus memungkinkan penyerbukan untuk serangga," ucap Kepala properti Vasce, Sara Jägermo.

"Ini sangat penting karena populasi lebah menurun," tambah Jägermo.

Jägermo juga menambahkan, vegetasi campuran di sekitar gedung bermanfaat menciptakan kesan yang lebih nyaman dan harmonis.

Uniknya, gedung ini juga dibungkus kaca isolasi seluas 6.000 meter persegi. Penggunaan kaca ini dimaksudkan untuk mengatur suhu dan juga memberikan tampilan unik pada eksterior penjara.

Sehingga dari luar, gedung ini terlihat seperti sebuah area perkantoran.

Dan hebatnya lagi gedung tersebut juga dilengkapi dengan ruang pembuangan limbah dengan penyimpanan untuk delapan kategori limbah.

"Para juri terpesona dengan cara mereka mengatasi masalah keberlanjutan melalui fisik bangunan, terlepas dari masalah keamanan," kata Ketua panel juri Alan Yates.

Baca Juga : KAAN Architecten Memugar Bangunan Tua Menjadi Kantor Baru

Fasilitas lain yang membuat para juri kagum adalah kamar mandi yang diinstal rendah flush, sehingga dapat mengurangi penggunaan air.

Lalu terdapat lemari es yang lebih hemat energi, dan pencahayaan LED yang bisa dinyalakan dan juga dimatikan dari ruang pusat pengawasan.

 

Sumber : www.kompas.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building