Tips Mengatur Pola Kerja Supaya Tidak Mengganggu Ibadah Puasa
Tips, Health & Lifestyle

Tips Mengatur Pola Kerja Supaya Tidak Mengganggu Ibadah Puasa

15 May 2019 208

Bukan hanya pola makan dan juga tidur, pola kerja selama puasa Ramadan juga berubah. Sejumlah instansi dan perusahaan mengubah jam kerja mereka. Beberapa masuk lebih pagi, bahkan ada di antaranya yang memperpendek durasi kerja.

Perubahan jam kerja ini bertujuan untuk mempermudah orang yang menjalankan ibadah puasa. Lalu, bagaimana cara menyesuaikan ? Berikut tips yang bisa Anda terapkan.

1. Siasati Pola Lembur

Kerja lembur bukan berarti Anda harus berbuka puasa di kantor, bahkan melewatkan tarawih. Padahal betapa nikmatnya saat-saat berbuka puasa di rumah bersama keluarga, dan melaksanakan salat tarawih. Anda pun punya lebih banyak waktu istirahat agar tidak kesiangan saat bangun sahur.

Caranya, bawa pulang pekerjaan lemburan Anda, lalu kerjakan sebelum atau setelah makan sahur. Jika Anda sudah istirahat dan tidur cukup malam harinya, bekerja di pagi hari akan lebih segar. Selain itu, tidak perlu takut terlambat berangkat kerja

2. Siasati Waktu dan Tempat Bertemu Klien

Apakah Anda termasuk yang sering mengadakan pertemuan dengan klien di luar kantor? Rapat kecil sambil mengopi atau makan siang biasanya jadi pilihan. Memasuki Ramadhan, kebiasaan ini tentulah harus disesuaikan. Tapi bukan berarti pekerjaan terbengkalai.

Jika memungkinkan buatlah janji meeting dengan klien di pagi hari, antar jam 9-11. Hal ini bertujuaan untuk mengurangi aktivitas di luar kantor pada siang hari.

3. Siasati Istirahat Siang Anda

Selama Ramadhan, waktu tidur tentu berkurang. Namun tidak bisa jadi alasan untuk bermalas-malasan kerja. Untuk membayar tidur yang terpotong karena sahur dan lembur, manfaatkan jam istirahat siang Anda dengan maksimal. Daripada Anda isi waktu istirahat dengan bergosip dan mengurangi keafdalan puasa, manfaatkan waktu makan siang untuk tidur.

Selamat berpuasa bagi yang menjalankan!

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building