Akses Android Huawei dibatasi, Google diprediksi akan rugi sendiri
News

Akses Android Huawei dibatasi, Google diprediksi akan rugi sendiri

21 May 2019 151

Google menyatakan akan membatasi akses Huawei pada sistem operasi Android, menuruti aturan pemerintahan Donald Trump yang memasukkan vendor tersebut dalam daftar hitam. Huawei jelas goyah, tapi Google sendiri juga akan menerima konsekuensi.

"Ini adalah serangan langsung terhadap pertumbuhan salah satu pasar inti Huawei dan bisa mematikan keatraktifan mereka di luar China," sebut Andrew Dwyer, akademisi di universitas Oxford.

Google akan membatasi akses Huawei ke Android, dengan mencabut lisensi komersial penggunaan sistem operasi tersebut. Hal ini bisa membuat smartphone Huawei di masa depan tak lagi dapat dukungan dan akses langsung ke layanan inti Google di Android, seperti Play Store dan Gmail.

Akses Huawei ke Android pun kemungkinan nantinya bisa cuma didapat secara terbatas melalui lisensi open source yang ada di ranah publik, alias Android Open Source Project (AOSP), dan bukan lagi melalui sebuah lisensi komersial.

Tapi mengingat Huawei berstatus vendor ponsel terbesar kedua di dunia, aksi tersebut juga akan melukai Google sendiri. "Menjegal Huawei dari Android melukai Google," sebut Mikko Hypponen dari biro sekuriti F Secure.

"Pasalnya, empat dari sepuluh smartphone yang terjual di Eropa pada tahun lalu adalah perangkat Huawei," sebutnya.

Google juga bisa dianggap sebagai mitra yang tak dapat dipercaya. Android tanpa layanan Google bisa dibilang kurang berguna dan perusahaan itu memegang kontrol penuh. Kini mereka terbukti bisa memutuskan Huawei sebagai salah satu mitra penting.

"Android saat berdiri sendiri hampir tak berguna dan Google secara penuh mengontrol softwarenya agar menarik bagi konsumen. Maps, Mail, dan app store semuanya dari Google dan perusahaan yang menginginkannya harus menandatangani kesepakatan mereka tidak akan membuat ponsel dengan sistem operasi lain," begitu editorial di Guardian.

"Hal ini membuat mereka sepenuhnya bergantung pada kebaikan Google yang sekarang terlihat bahwa Google tak bisa dipercaya. Di bawah tekanan pemerintah AS, mereka akan memangkas akses pada semua hal yang membuat ponsel Android berguna. Bisnis apa yang mau bergantung pada mitra seperti itu?" lanjut mereka.

Sumber: Detik

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building