Pertumbuhan Pasokan Perkantoran Baru di Jakarta Melambat
News

Pertumbuhan Pasokan Perkantoran Baru di Jakarta Melambat

04 July 2019 172

Perusahaan konsultan properti Colliers International menyatakan bahwa pertumbuhan suplai perkantoran di Jakarta terus melambat sehingga tingkat hunian perkantoran di ibukota diprediksi akan terus meningkat ke depannya.

"Temuan kami pada kuartal kedua 2019 ini suplai kumulatif perkantoran ada 6,6 juta meter persegi. Dengan pertumbuhan pasokan 2,7% per tahun maka ini bisa dikatakan cukup melambat," kata Senior Associate Director Colliers International Indonesia, Ferry Salanto dalam paparan properti di Jakarta, Rabu (7/4/2019).

Baca Juga : Tahun Politik, Puncak Kekosongan Perkantoran CBD Jakarta

Tetapi ke depannya, menurut Ferry Salanto, pertumbuhan pasok perkantoran di wilayah DKI Jakarta diproyeksikan bakal tumbuh sekitar 4% - 4,5% per tahun untuk periode tahun 2019 hingga 2021.

Untuk tingkat hunian, lanjutnya, pada kuartal kedua 2019 tercatat adalah sebesar 82,4% dan cenderung stabil.

Tetapi, Ferry memproyeksikan bahwa tingkat hunian perkantoran akan membaik dan bisa mencapai 85% pada tahun 2021.

"Kami memperkirakan ke depannya ini akan lebih baik lagi, meskipun masih ada tantangan seperti jumlah pasokan yang sepertinya masih akan banyak dalam tiga tahun ke depan," ucapnya.

Sementara itu, sebelumnya Peneliti properti dari Savills Indonesia Anton Sitorus memprediksi ruang perkantoran yang kosong, terutama di grade A, akan meningkat di kawasan pusat bisnis (BCD) Jakarta.

"Kondisi tersebut terjadi sampai dengan November 2018, dan diperkirakan masih akan berlangsung pada tahun berikutnya akibat masih terjadinya tekanan di sektor properti," kata Anton yang juga menjabat Kepala Riset dan Konsultan Savills Indonesia di Jakarta (19/12/2018).

Baca Juga : Perkantoran Kosong Jakarta Tembus 218 Hektar, Karena Sepi Penyewa

Anton mengatakan ruang kosong tersebut terjadi karena tambahan perkantoran baru seluas 1,3 juta meter persegi hingga tahun 2021.

Ia menjelaskan tingkat kekosongan ruang perkantoran pada 2018 diperkirakan sebesar 25% dan bahkan untuk grade A bisa 30% atau mengalami kenaikan dibanding tahun 2017 sebesar 21%. Angka itu diperkirakan masih akan meningkat sehingga mencapai keseimbangan baru pada tahun 2020.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building