Perkantoran Baru Akan Membanjiri Surabaya
Property

Perkantoran Baru Akan Membanjiri Surabaya

09 July 2019 228

Tidak adanya suplai perkantoran baru di Surabaya dari tahun 2016, membuat suplai yang ada saat ini seluas 340.789 meter persegi.

Meski begitu, kota pahlawan harus bersiap menerima suplai melimpah perkantoran baru dalam kurun dua tahun ke depan.

Berdasarkan kajian Colliers International Indonesia, pada Semester kedua 2019 hingga 2021 akan ada 10 gedung perkantoran baru dan menambah pasokan sekitar 300.000 meter persegi.

Baca Juga : Bisnis Perkantoran di Surabaya dapat Pesaing Ruko dan Rukan

Itu artinya, terjadi ekskalasi 88% tambahan ruang perkantoran sepanjang periode tersebut.

"Dua tahun ke depan ini ada ruang yang belum diserap dan tambahan pasokannya cukup signifikan," kata Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Secara umum, pada kuartal kedua 2019, terjadi peningkatan okupansi 1% menjadi 78,1%.

Industri finansial seperti perbankan dan juga asuransi masih mendominasi penyewa yang mengisi ruang perkantoran di kawasan pusat bisnis yang tersebar di Jalan Pemuda, Jalan Panglima Sudirman, dan Jalan Basuki Rahmat.

Walau begitu, besarnya suplai ruang perkantoran harus diantisipasi oleh para pemilik gedung, terutama dalam hal persaingan harga sewa.

Saat ini, sewa rata-rata tercatat Rp 121.865 per meter persegi atau turun 3,4% dibandingkan semester tahun lalu.

"Tingkat okupansi yang relatif stabil sejak tahun 2016 hingga semester pertama 2019 memberikan konsekuensi penurunan 12,5% sepanjang periode tersebut," ucap Ferry.

Baca Juga : Penurunan Harga Sewa Kantor Surabaya Tidak Rugikan Pengusaha

Dia memperkirakan terjadinya peningkatan harga sewa rata-rata. Hal ini didorong selesainya gedung-gedung perkantoran baru dengan kualitas lebih baik dan berada di area primer, sehingga bisa mendongkrak harga sewa rata-rata.

"Prediksinya harga sewa untuk gedung perkantoran baru ini sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per meter persegi per bulan. Ini berdampak pada peningkatan rata-rata harga sewa sebesar 2 hingga 2,5% secara tahunan," pungkasnya.

 

Sumber : www.kompas.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building