Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Komputer Kantor
Tips, Health & Lifestyle

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Komputer Kantor

09 September 2019 197

komputer atau laptop merupakan alat yang sangat menunjang dan membantu untuk menyelesaikan pekerjaan. Walau dilengkapi dengan fitur yang canggih, tetapi jangan sampai Anda memperlakukan atau menggunakan komputer tersebut sama seperti milik sendiri.

Karena ternyata ada beberapa hal yang sebenarnya tidak boleh Anda lakukan di komputer kantor, berikut ini lima di antaranya!

1. Menyimpan password atau kata sandi secara otomatis

Saat ingin login ke media sosial atau website lainnya, browser akan memberikan penawaran untuk menyimpan kata sandi secara otomatis agar Anda lebih praktis ketika ingin login kembali.

Hal ini boleh Anda lakukan di komputer milikmu sendiri, tetapi tidak untuk komputer milik kantor. Bukan hanya sangat mudah untuk dilacak, tetapi hal-hal yang bersangkutan dengan data pribadi juga mungkin bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

2. Membuka situs yang tidak berhubungan dengan pekerjaan

Saat berada di kantor, memang sudah sepatutnya jika Anda harus fokus dengan pekerjaan. Membuka situs-situs yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan akan membuat Anda mendapatkan penilaian yang buruk. Terlebih jika HRD tiba-tiba mengecek komputer yang digunakan oleh para karyawan untuk melihat website atau situs-situs apa saja yang dibuka.

3. Melakukan online shopping

Melakukan online shopping juga menjadi salah satu kegiatan yang sebenarnya tidak boleh Anda lakukan saat sedang berada di kantor.

Bukan hanya terlihat tidak profesional, tetapi apa Anda mau data pribadi misalnya data kartu kredit tersimpan di komputer milik kantor?

4. Menyimpan data finansial penting

Salah satu keputusan yang sangat salah, jika kamu berpikir bahwa tidak apa-apa menyimpan nomor rekening bank beserta password-nya di komputer milik kantor. Asal kamu tahu, informasi penting seperti ini malah akan mudah terbongkar karena siapa saja bisa mengakses komputer milik kantor, termasuk HRD, supervisor, ataupun orang-orang yang berada di divisi IT.

5. Melakukan pekerjaan sampingan

Terkadang, memang ada beberapa perusahaan yang melarang para karyawannya untuk memiliki pekerjaan lain atau sampingan. Nah, jika perusahaan di tempat kamu bekerja termasuk ke dalam salah satunya.

Maka jangan sekali-sekali kamu mencoba untuk mengerjakan atau menyimpan data pekerjaan sampinganmu di komputer kantor. Karena jika sampai ketahuan, Anda tidak akan bisa mengelak karena bukti-bukti yang sudah tersimpan di komputer tersebut.

Itulah dia beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika sedang menggunakan komputer milik kantor.

 

Sumber: www.idntimes.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building