5 Tips Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor
Tips, Health & Lifestyle

5 Tips Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor

27 September 2019 244

Para karyawan sering dilanda ngantuk berat 1 hingga 2 jam menjelang dan sesudah makan siang. Padahal, waktu-waktu itu seharusnya menjadi saat produktif untuk bekerja.

Yang terjadi, tidak sedikit karyawan tertidur di depan komputer, diatas tumpukan kertas, atau minimal menguap tiada henti sambil mengucek-ngucek mata yang mulai berair karena menahan kantuk.

Baca Juga : Makanan Yang Bisa Bikin Ngantuk Ketika di Kantor

Berikut tips melewati jam-jam kritis karena ngantuk di kantor:

1. Cukup tidur malam

Selain durasi tidur malam yang harus cukup, orang dewasa butuh tidur 7 hingga 8 jam sehari, pastikan tidur berkualitas. Michael J. Breus, psikolog sekaligus penulis buku Beauty Sleep, memberi tahu tips agar tidur berkualitas.

“Sebelum tidur di malam hari, turunkan temperatur kamar. Suhu yang sejuk memberi sinyal ke otak untuk melepas hormon melatonin yang membuat tubuh relaks,” ucap Breus.

Dengan tidur malam yang cukup, Anda akan segar dan terhindar dari rasa ngantuk di siang hari.

2. Perhatikan asupan makanan

Kantuk sering melanda setiap habis sarapan dan makan siang. Kemungkinan besar ini berkaitan dengan asupan makanan. Memakan terlalu banyak protein dan karbohidrat membuat pencernaan bekerja terlalu keras. Alhasil, hampir seluruh energi tubuh terkuras untuk mencerna makanan sehingga bikin mengantuk. Untuk menghindari kantuk, konsumsilah buah-buahan segar untuk sarapan dan perbanyak sayuran segar dalam porsi makan siang.

3. Bantu dengan kopi dan teh

Jika tidur siang di kantor tidak memungkinkan, kandungan kafein dalam secangkir kopi atau teh mungkin dapat membantu terjaga di pagi dan siang hari. Bagi yang bukan peminum kopi, bisa menggantinya dengan segelas teh atau cokelat. Tentu saja, menyeruput kopi, teh, dan cokelat setiap hari bukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, kuncinya ada pada pengendalian diri. Terlalu banyak kafein justru akan merusak kebiasaan tidur.

4. Sibukkan diri dengan camilan

Menemani minuman-minuman pelepas kantuk, Anda pasti akan lebih bahagia jika ada beberapa camilan cantik di atas meja. Mengunyah camilan juga bisa menjadi cara jitu agar mulut tetap sibuk sehingga kantuk terlupakan. Tapi ingat, terlalu banyak camilan, apalagi yang manis, justru membuat semakin mudah memejamkan mata.

Baca Juga : Lakukan 4 Hal Ini, Jika Anda Jenuh di Kantor

5. Gerakkan badan

Terlalu lama terpaku di meja kerja, selain membuat otot-otot kaku bisa mengurangi asupan oksigen ke dalam tubuh, yang hasilnya menyebabkan kantuk. Menguap adalah indikasi otak kekurangan oksigen. Cobalah bergerak dengan berjalan-jalan dan menghirup udara segar di luar ruangan selama 10 hingga 15 menit supaya tubuh cukup asupan oksigen dan mengusir kantuk.

 

Sumber : www.tempo.co

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building