Kementerian ATR akan Membuat Kantor Konsep Coworking Space
News

Kementerian ATR akan Membuat Kantor Konsep Coworking Space

28 November 2019 194

Untuk menciptakan efektivitas serta efisiensi birokrasi, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra berencana mentransformasi secara menyeluruh di lingkungan kerja.

"Bentuk transformasi tersebut diterapkan pada dua sisi fisik, dan sumber daya manusia (SDM)," kata Surya usai kunjungan kerja ke tiga kantor pertanahan di tiga kabupaten Soppeng, Pangkep, dan Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (26/11).

Dia mengatakan, dari sisi transformasi fisik diawali dengan perubahan desain ruang kerjanya yang dirancang senyaman mungkin dengan mengadopsi konsep ruang kerja bersama atau coworking space.

"Ruang kerja saya sebagai pilot project, nanti begitu jadi, akan diterapkan di seluruh kantor pertanahan dan kantor wilayah," ucap Surya.

Sebagaimana diketahui, coworking space adalah konsep ruang kerja bersama yang memungkinkan proses kolaborasi berlangsung secara efektif dan juga efisien, tanpa mengurangi unsur kenyamanan.

Coworking space menekankan pada keterbukaan dalam format 360 derajat. Tak ada sekat dalam interior ruangan, semua bisa melihat sesama karyawan, pekerja, atasan, dan bawahan secara jelas.

"Kalau pun masih diperlukan ruang pertemuan untuk agenda khusus, akan dibuat juga secara khusus tanpa mengurangi makna transparansi. Kami ingin bekerja profesional, akuntabel, dan transparan. Semua orang dapat saling mengawasi," tambah Surya.

Perubahan fisik ruang kerja ini, bukan tanpa alasan. Menurut Surya, hal ini sudah direkomendasikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Selain itu, outcome yang dihasilkan pun akan meningkatkan produktivitas kerja, seperti komunikasi dan koordinasi antar-bagian tidak lagi mengalami hambatan.

Dalam menerapkan transformasi ruang kerja ini, Surya mengadopsi kantor Nutrifood dan juga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Desainer yang mengerjakan kantor mereka, sudah setuju dan sepakat mau membantu merancang kantor kami," ucap Surya.

Targetnya, transformasi ruang kantor ini rampung pada akhir 2019, dan efektif bisa digunakan mulai Januari 2020 secara bertahap.

Sementara transformasi di bidang SDM, akan dilakukan dengan cara mengintensifkan komunikasi, kolaborasi, dan koordinasi.

Para ASN di Kementerian ATR/BPN, menurut Surya adalah aset yang berharga dengan inteligensi tinggi.

"Mereka pintar dan cerdas, terutama generasi milenialnya. Tetapi, mereka tidak berani melakukan terobosan karena masih ada perasaaan takut, malu, dan segan. Kultur ini harus dirubah, mereka harus berani bicara, dan juga yang penting eksekusi," katanya.

 

Sumber: kompas.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building