CoWorking Space Tetap Ok, Meski Okupansi Perkantoran Menurun
News

CoWorking Space Tetap Ok, Meski Okupansi Perkantoran Menurun

13 January 2020 315

Jika melihat tren properti di sektor perkantoran yang diperkirakan mengalami penurunan pada tahun 2020, penyedia ruang kerja bersama (coworking space) JustCo justru lebih optimistis menghadapi tahun ini.

Michael Sim, General Manager JustCo Indonesia mengatakan, bahwa tahun ini industri coworking space justru bisa menembus batas-batas yang menghalangi pertumbuhan pasar perkantoran selama ini.

“Masih ada banyak ruang bagi coworking space untuk tumbuh di kawasan Asia yang hanya menyerap 5% dari keseluruhan properti perkantoran,” terang Michael kepada Bisnis melalui surel, Minggu (12/1/2020).

Michael menjelaskan bahwa JustCo baru saja mencatatkan pertumbuhan permintaan yang cukup besar dari beberapa perusahaan besar seperti Fortune 500 karena mereka melihat nilai tambah dari penggunaan coworking space.

“Menggunakan coworking space dinilai bisa lebih menghemat biaya, mendukung kerja sama yang lebih kuat antara para pekerja dan kesempatan untuk kolaborasi yang lebih besar. Faktor-faktor ini dapat mendorong kesuksesan untuk individu ataupun perusahaan,” kata Michael.

Adapun, semakin ke sini, pemilik properti juga semakin percaya diri untuk memanfaatkan ruang-ruang kosong yang mereka miliki untuk dijadikan coworking space.

Saat melihat adanya penurunan tren investasi bagi perusahaan rintisan (startup) khususnya di bidang teknologi, Michael mengatakan bahwa tidak ada dampak besar yang dirasakan para pengelola coworking space.

Menurut Michael, coworking space bukan hanya disediakan bagi startup, melainkan juga dapat digunakan secara individu bagi pekerja lepas (freelancer), usaha kecil dan menengah. Sektor-sektor tersebut juga menyumbang permintaan yang cukup besar kepada ruang-ruang kantor fleksibel.

Selanjutnya, jika melihat perkembangan pasar properti di Jakarta, JustCo optimistis akan ada pertumbuhan permintaan lebih lanjut dari perusahaan teknologi yang sudah mapan dan berkembang, dari startup dan juga UKM yang lebih memilih bekerja di lingkup ruang kerja fleksibel.

“Selain fleksibel dari penggunaan ruangnya, coworking space seperti kami juga menawarkan beragam fasilitas seperti internet yang cepat, harga sewa yang bersaing dan kontrak yang mudah, dan kemudahan akses di cabang-cabang lain bahkan yang ada di luar negeri,” ucapnya.

 

Sumber: www.bisnis.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building