Tips Mengendarai Motor dengan Aman di Musim Hujan
Tips, Health & Lifestyle

Tips Mengendarai Motor dengan Aman di Musim Hujan

11 February 2020 232

Di musim seperti sekarang, mengendarai motor untuk beraktivitas membutuhkan konsentrasi dan juga keamanan yang ekstra. Karena jarak pandang yang terbatas dan genangan air yang terkadang membuat kendaraan sulit dikendalikan. Jika lalai bisa berakibat fatal bagi pengendara dan pengguna jalan lainnya.

Keselamatan adalah kunci utama saat berkendara yang harus diperhatikan, mengingat saat hujan turun banyak terjadi kecelakaan akibat jalan rusak, genangan air, dan licinya ban motor.

Berikut ini beberapa tips naik motor saat musim hujan, yang kami rangkum dari beberapa sumber:

1. Pastikan Kondisi Motor Prima

Agar keamanan dan kenyaman tetap terjaga saat berkendara hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu periksa kondisi motor Anda. Mulai dari mesin atau pun semua lampu dan fungsi, agar dapat bekerja pada semestinya demi menghindari hal yang tidak diinginkan. Lampu-lampu harus berfungsi dengan baik mengingat saat Anda mengendarai motor dalam kondisi hujan deras, jarak pandang Anda dan pengemudi lain seringkali terbatas. Penting untuk membuat pengemudi lain awas mengenai posisi Anda agar Anda bisa tetap aman berkendara.

2. Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi ban sepeda motor. Ciri-ciri ban yang tidak layak dipakai saat musim hujan bisa dilihat dari motif kembangnya. Jika motif kembangnya sudah tipis hingga terlihat botak pada bagian tengahnya, berari ban motor harus diganti. Demi keselamatan, pastikan ban motor masih layak pakai agar tidak terpeleset akibat ban yang licin atau ban selip.

3. Cek Kondisi Rem Motor

Rem adalah salah satu vitur keamanan pada kendaraan, oleh sebab itu rem motor harus bisa bekerja dengan baik. Selain rem, bagian lampu rem juga harus berfungsi dengan baik. Krena, lampu rem berguna sebagai pemberi informasi pada pengendara lain. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan gunakan rem secara perlahan-lahan. Karena rem mendadak bisa saja membahayakan Anda dan juga pengendara lain.

4. Selalu Waspada dengan Kondisi Jalanan

Situasi dan kondisi jalan yang tidak menentu saat musim hujan, mengharuskan Anda untuk selalu berhati-hati saat berkendara. Terlebih saat Anda melewati jalan yang tertutup genangan air, mungkin saja terdapat lubang yang dasar dan kedalamannya tidak terlihat. Oleh sebab itu, cobalah untuk menghindari area-area tersebut walaupun terlihat hanya seperti genangan air yang tidak dalam. Cobalah untuk tetap fokus pada jalan nampak jelas permukaannya dan bisa Anda lalui.

5. Jangan Lupakan Perlengkapan Seperti Helm dan Jas Hujan

Agar tetap aman dan nyaman saat berkendara. Jangan lupa, untuk selalu gunakan helm yang dilengkapi dengan kaca khusus saat hujan turun. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak mengganggu pandangan yang mengganggu Anda seperti butiran air atau embun. Dengan menggunakan helm berkaca khusus, pandangan Anda pun akan tetap terjaga. Begitu pun dengan jas hujan. Agar merasa tetap nyaman, cobalah untuk memilih jas hujan yang membuat Anda bisa bergerak bebas saat berkendara seperti jas hujan model setelan baju dan celana.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building