Strategi Ciputra Development Jaga Bisnis Sewa Perkantoran Saat Pandemi
News

Strategi Ciputra Development Jaga Bisnis Sewa Perkantoran Saat Pandemi

09 September 2021 132

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) masih berhasil menjaga kinerja bisnis sewa perkantoran meski banyak perusahaan yang menerapkan work from home (WFH).

Direktur CTRA Tulus Santoso menjelaskan, pada prinsipnya, kontrak sewa gedung perkantoran itu berlaku untuk jangka waktu panjang, bisa 5 tahun hingga 10 tahun. Sehingga, pendapatan pun bersifat tetap (recurring income) meskipun saat ini tren WFH kembali marak di Tanah Air.

"Jadi dalam jangka pendek belum terdampak signifikan," kata Direktur CTRA, Tulus Santoso saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (8/9/2021).

Lebih lanjut Tulus mengatakan, kinerja bisnis sewa perkantoran CTRA hingga saat ini terpantau cukup stabil. Dimana, perseroan membidik target kontribusi sekitar 5 persen dari total pendapatan di tahun 2021.

"Stabil sekitar 5 persen dari total revenue," lanjutnya.

Adapun, secara keseluruhan perseroan optimistis dapat mencapai target marketing sales yang telah ditetapkan di tahun ini, yakni sebesar Rp 5,9 triliun.

Tulus berujar, hingga semester pertama 2021, target marketing sales telah tercapai sekitar 61 persen dari target. Sehingga perseroan pun yakin bisa meraih target yang telah dibidik di akhir tahun nanti.

Optimisme perusahaan diperkuat juga dengan adanya insentif yang diberikan pemerintah terhadap sektor properti. Seperti misalnya insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) untuk pembelian rumah tapak dan unit hunian rumah susun hingga Desember 2021 dan juga bunga Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang relatif rendah.

Berdasarkan catatan Kontan.co.id, CTRA mencatatkan pendapatan senilai Rp 4,02 triliun pada semester pertama 2021. Jumlah tersebut tumbuh 43,57 persen dibandingkan pendapatan di periode yang sama tahun lalu.

Dari sisi bottom line, CTRA meraih laba bersih Rp 483,47 miliar di semester pertama 2021. Realisasi ini melompat 185 persen dibandingkan laba bersih di semester pertama tahun lalu senilai 169,51 miliar.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building