Properti Koridor Selatan Tumbuh Berkat Insentif dari Pemerintah
News

Properti Koridor Selatan Tumbuh Berkat Insentif dari Pemerintah

13 October 2021 259

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan minat masyarakat dalam mencari properti khususnya rumah tapak. Pelaku bisnis properti mengklaim daya beli masyarakat tetap terjaga, meskipun pertimbangan untuk memutuskan membeli hunian menjadi sedikit lebih panjang dari masa normalnya. Hal ini karena pemerintah memberikan insentif kepada masyarakat untuk membeli hunian rumah tapak maupun hunian vertikal.

Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) yang dirilis Bank Indonesia , terungkap bahwa harga properti residensial meningkat pada triwulan kedua tahun 2021. Pertumbuhan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan kedua 2021 tercatat 1,49 persen year on year (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 1,35 persen (yoy).

Sementara harga properti residensial primer diperkirakan tumbuh lebih terbatas pada triwulan ketiga tahun 2021 sebesar 1,12 persen (yoy). Di lain sisi, fokus masyarakat terhadap lokasi hunian kini semakin mengarah ke luar Jakarta, terutama di koridor selatan. Pencarian properti di koridor Selatan Jakarta yakni Kabupaten Bogor dan Kota Bogor pada kuarter kedua 2021 mengalami peningkatan 3 persen hingga 5 persen secara quarter on quarter (qoq).

Naiknya persentase pencarian terhadap hunian di sisi Selatan Jakarta didasari banyak pertimbangan, diantaranya perkembangan pembangunan infrastruktur wilayah dan preferensi harga yang lebih terjangkau. "Kami perkenalkan kluster Aluna di awal Agustus 2021, dan per akhir September sudah di pesan sebanyak 75 unit dari total 100 unit yang dipasarkan," kata Chief Executive Officer PT Kuripan Raya Yulham Ferdiansyah Roestam dalam keterangan tertulisnya Selasa (12/10/2021).

Kondisi ini, lanjut dia, menunjukkan bahwa niat masyarakat terhadap proses pembelian rumah sudah tidak lagi terpengaruh oleh situasi pandemi. Dalam proses pemasaran Cluster Aluna, Telaga Kahuripan bekerja sama dengan Esteem Development, Xavier Marks Realty, dan Linktown Property. “Secara area tentunya cukup besar jika kita bandingkan dengan perumahan lain di Selatan Jakarta. Sehingga Aluna tidak hanya bisa ditawarkan ke end user namun juga investor, pasarnya ini sangat luas,” ujar Direktur Utama Esteem Development Erni Prijatna.

Executive President Xavier Marks Kay Realty Meryana Michelle mengatakan, kawasan itu memiliki akses mudah ke dan dari pusat Kota Jakarta melalui sejumlah jalur. Dengan berbagai fasilitas standard sebuah kawasan township. (www.sindonews.com)

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building