Di Jakarta Masih Banyak Kantor Kosong, Ini Penyebabnya
Property

Di Jakarta Masih Banyak Kantor Kosong, Ini Penyebabnya

16 June 2022 104

Jakarta ternyata masih dalam kondisi kelebihan pasokan gedung perkantoran. Bahkan sampai akhir tahun diperkirakan makin banyak terlihat kantor-kantor kosong.

"Dari opini professional saya memang kondisi industri perkantoran memang sudah over supply sebelum pandemi Covid-19," kata Senior Director Office Service Colliers Indonesia, Bagus Adikusumo kepada CNBC Indonesia, Rabu, (15/6/2022).

Bagus mengatakan gedung-gedung itu pada tahun 2012 sampai 2014 dimana bisnis perkantoran berkembang sangat pesat. Yang permintaannya ditopang dari sektor migas.

Lalu permintaan ruang perkantoran makin lesu imbas dari pandemi. Sehingga banyak ruang kantor yang tidak tersewa.

"Pandemi membuat kelebihan pasokan makin tajam. karena permintaan menurun tapi developer seperti Mori Building itu dari Jepang, Mitsubishi Trinity Tower mereka masuk gak mungkin mundur kan. karena mereka investasi untuk long term," katanya.

Terlebih pada tahun ini banyak gedung kantor yang akan beroperasi, sehingga menambah akumulasi suplai ruang perkantoran.

Setidaknya menurut Bagus, supply baru yang akan tercipta dari gedung baru pada tahun 2022 ini mencapai 300-400 ribu meter persegi untuk wilayah CBD maupun luar CBD.

Proyeksi Okupansi Masih Anjlok

Bagus menjelaskan meski permintaan baru mulai terlihat, karena berhubungan erat dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan 5-6% pada tahun ini, ditambah kegiatan perkantoran sudah diperbolehkan 100%. Namun proyeksinya diperkirakan industri perkantoran masih tertekan.

Hal ini disebabkan over supply yang terjadi sudah sangat parah. Setidaknya dari hitungannya okupansi perkantoran pada tahun 2022 ini masih akan tertekan hingga 70%, dari rata-rata kuarter pertama 2022 sebesar 75%.

"Apakah akan membaik dengan pandemi berakhir ini belum kelihatan karena over supply, tapi untuk permintaan baru sudah mulai mengalami peningkatan," katanya.

Sumber: www.cnbcindonesia.com
Ilustrasi Pixabay

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building