Teknik Public Speaking yang Dapat Dipelajari Karyawan
Tips, Health & Lifestyle

Teknik Public Speaking yang Dapat Dipelajari Karyawan

17 June 2022 107

Teknik public speaking sangatlah penting bagi seorang karyawan, jika ia ingin terus berkembang dan berencana untuk meningkatkan jenjang karir di perusahaan tempat ia bekerja. Berikut ini, teknik public speaking apa saja yang dapat dipelajari oleh seorang karyawan. Mari kita simak ulasan lengkapnya, di bawah ini.

1. Kenali Audiens Anda

Audiens dalam sebuah bidang pekerjaan tidak selalu berarti orang banyak. Bisa jadi, audiens Anda hanya satu orang yaitu calon klien di perusahaan Anda yang sedang merasa ragu, antara membeli produk atau jasa dari perusahaan Anda atau tidak. Maka dari itu, ada baiknya Anda kenali, siapa audiens Anda.

Mengenal audiens di sini bukan berarti Anda harus mengenal pribadinya secara lebih dalam, akan tetapi, setidaknya Anda tahu, apa background pendidikannya, jabatannya, dan di perusahaan mana mereka bekerja. Beberapa informasi tersebut akan sangat membantu Anda untuk memudahkan membuat materi presentasi sesuai dengan keinginan mereka.

2. Percayalah pada Kemampuan Diri Anda!

Semua akan terasa menjadi lebih mudah, ketika Anda percaya pada kemampuan diri Anda. Yakinkan pada diri Anda, bahwa Anda layak, bahwa Anda adalah orang yang paling tepat untuk menyampaikan sebuah presentasi di kantor Anda, baik itu di depan calon klien Anda maupun atasan Anda.

Selanjutnya, keyakinan inilah yang secara otomatis akan memupuk dan meningkatkan kepercayaan diri Anda sehingga perusahaan Anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk mendapatkan project dari klien.

3. Perhatikan Volume dan Intonasi Suara Anda Ketika Berbicara

Poin ketiga ini juga tidak kalah penting. Volume dan intonasi Anda ketika berbicara akan sangat berpengaruh pada audiens Anda. Anda dapat merekam suara Anda sendiri ketika berlatih berbicara. Anggaplah aktivitas ketika latihan merekam suara ini, Anda sedang menyampaikan sebuah presentasi bisnis di depan calon klien dan atasan Anda.

Dari sini, Anda akan tahu, apakah volume dan intonasi suara Anda sudah sesuai dan mampu menarik perhatian mereka atau belum. Jika Anda masih merasa ragu, Anda dapat meminta saran dan masukan dari teman dekat di tempat kerja untuk memberikan pendapatnya, apakah ada yang perlu diperbaiki dari gaya bicara Anda tersebut atau tidak.

4. Persiapkan Kalimat Pembuka yang Menarik Perhatian Audiens

Dalam kegiatan apapun, kesan pertama selalu menjadi bagian yang sangat penting. Apalagi, ketika Anda akan mempresentasikan sebuah project di depan klien Anda. Baik calon klien maupun atasan Anda, akan sangat memperhatikan apa yang Anda sampaikan di awal-awal presentasi Anda.

Nah, inilah kesempatan Anda untuk menarik perhatian mereka. Buatlah sebuah pembukaan yang menarik dan menggoda, agar mereka tertarik untuk mendengarkan lebih lanjut materi presentasi yang Anda sampaikan.

5. Expertise Pada Topik yang Anda Bicarakan

Untuk dapat memberikan value kepada audiens Anda, maka Anda harus benar-benar menjadi ahli pada topik yang akan Anda presentasikan. Expertise pada topik presentasi inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh audiens Anda untuk mendapatkan sebuah hasil terbaik yang mereka inginkan.

Bagaimana, Anda tertarik belajar dan mengembangkan teknik public speaking? Jika demikian, jangan lupa pelajari 5 teknik di atas, dan nikmati perubahan besar yang sebentar lagi sedang menanti Anda. Selamat mencoba!

 

 

Ilustrasi Pixabay

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building