Pentingnya Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja
Tips, Health & Lifestyle

Pentingnya Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja

15 July 2022 111

Kecerdasan emosional (EQ) erat kaitannya dengan kemampuan mengontrol perasaan diri sendiri, mengenali perasaan orang lain, adaptasi, kerjasama, disiplin, tanggung jawab, dan komitmen.

Berkaitan dengan kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ), menurut Goleman kesuksesan karir seseorang dalam dunia kerja banyak ditentukan oleh kecerdasan emosional (EQ). Yang mana EQ mempunyai konstribusi sebesar 85%, sementara IQ hanya 15%. Dengan begitu maka dapat disimpulkan peran EQ sangatlah signifikan dibanding IQ.

Pentingnya Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja

Sesuai dengan penjelasan di atas, EQ sangat berkaitan erat dengan emosi manusia. Kita, sebagai manusia memiliki kontrol penuh untuk mengatur emosi yang akan kita keluarkan. Hal ini sangat penting dan bermanfaat di lingkungan kerja? Mengapa? Kita sudah seharusnya dan semestinya dapat mengatur semua emosi yang kita miliki agar tetap profesional.

Tak hanya berhubungan dengan attitude, kecerdasan emosional juga berhubungan dengan bagaimana cara seseorang mengambil keputusan. Selain 2 alasan tersebut, ada 2 alasan lain dari sisi perusahaan mengapa mereka juga mempertimbangkan EQ dari perekrutan karyawan.

  • Membuat keputusan dan menyelesaikan masalah dengan lebih baik
  • Tetap tenang ketika berada di bawah tekanan
  • Menyelesaikan konflik
  • Memiliki empati yang lebih besar
  • Mau mendengar, merefleksikan, dan menanggapi kritik yang membangun

Di sisi lain, apabila tingkat EQ rendah, di tempat kerja akan terdapat situasi seperti:

  • Tidak bertanggung jawab atau playing victim
  • Memiliki gaya berkomunikasi pasif atau agresif
  • Menolak untuk bekerja secara tim
  • Terlalu kritis atau tidak mau menerima pendapat dari orang lain

Elemen penting dari kecerdasan emosional di tempat kerja, berikut di antaranya:

1. Kesadaran diri

Sadar diri merupakan kemampuan untuk mengenali emosi diri sendiri dan dampaknya ketika akan membuat sebuah keputusan.

Apakah Anda dapat secara cepat merasakan sesuatu yang salah saat masuk ke dalam ruangan dan bertemu dengan orang asing? Sebelumnya hal ini dikenal dengan “intuisi.” Kemampuan instingtif ini berasal dari tingkat kecerdasan emosional Anda.

2. Manajemen diri

Elemen kedua dari EQ yang dapat memengaruhi pekerjaan adalah manajemen diri. Artinya, Anda perlu menguasai kemampuan untuk mengontrol emosi, perilaku, dan cara untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Selain itu, elemen dari kecerdasan emosional ini dapat menekan rasa marah, kekecewaan, dan rasa takut sehingga emosi tidak memengaruhi Anda ketika akan mencoba menyelesaikan sebuah masalah. Lalu Anda juga dapat membaca keadaan, seperti kapan waktunya untuk mendengar, bertanya, dan meminta bantuan.

3. Kesadaran sosial

Kesadaran sosial dapat membuat Anda merasakan, mengerti, dan tahu bagaimana bereaksi terhadap emosi yang ditunjukkan orang lain serta merasa nyaman untuk bersosialisasi.

Anda juga akan merasakan ketika secara tidak sengaja menyinggung atau membantu membaca emosi dari raut wajah lawan bicara.

4. Manajemen hubungan

Kemampuan ini dapat membuat Anda menjadi seseorang yang inspiratif, berpengaruh, dan tahu bagaimana menjaga hubungan baik dengan orang lain. Selain itu juga Anda akan lebih mudah mengontrol sebuah konflik karena mampu tenang, tapi tetap fokus dalam situasi tertentu.

Pentingnya kecerdasan emosional berdampak tidak hanya pada kesehatan diri tapi juga pada kesuksesan di tempat kerja. Setiap perusahaan memiliki lingkungan yang berbeda.

 

 

Ilustrasi Pixabay

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building