Cara Membentuk Tim Kerja yang Solid dan Efektif
Tips, Health & Lifestyle

Cara Membentuk Tim Kerja yang Solid dan Efektif

22 July 2022 70

Teamwork atau kerjasama tim merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap tim dalam sebuah perusahaan. Karena dengan tim dengan teamwork yang solid akan menjadi kunci apakah sebuah organisasi atau perusahaan dapat berkembang atau tidak.

Ada banyak faktor yang diperlukan untuk membangun teamwork yang baik dan solid. Karena di dalam sebuah tim terdapat sekian banyak anggota dengan isi kepala yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membangun team work yang solid di dalam perusahaan


Punya Visi dan Misi yang Sama

Untuk menjangkau lebih jauh, jelas hal pertama yang harus kamu capai bersama rekan kerja lainnya adalah menyamakan visi dan tujuan. Baik pimpinan tim dan juga anggota lainnya harus memahami bahwa dalam hal ini, kepentingan tim lebih penting dibandingkan individu.

Bangun Rasa Saling Percaya

Rasa percaya adalah kunci dari sebuah tim, karena sulit untuk menjadi tim yang sukses jika antar anggotanya memiliki rasa tidak percaya yang rentan akan konflik. Dampaknya akan fatar yang bisa kembali ke arah urusan individual masing-masing.

Dengan rasa percaya, maka setiap orang dalam tim bisa mengemban tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan terlaksana dengan baik tanpa membebankan rekan lainnya.

Komunikasi Intensif

Jangan pernah anggap sepele masalah komunikasi. Ketika komunikasi sesama angota tim macet, dipastikan kerja tim akan berantakan. Karena setiap orang tidak mengerti apa yang harus dilakukan.

Karena itu lakukan komunikasi secara intensif. Baik melalui meeting pagi atau pertemuan lain yang dilakukan oleh seluruh anggota tim kerja. Sehingga setiap orang akan mengerti tugas dan target yang harus dilaksanakan.

Komunikasi antaranggota tidak perlu harus selalu bertatap muka. Saat ini sudah banyak aplikasi komunikasi yang bisa digunakan.

Seperti WhatsApp, BBM, Line, atau yang lainnya. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk menjalin komunikasi intensif antarsesama anggota tim.

Adakan Kegiatan Bersama

Terlihat sederhana, tapi dengan menjalani kegiatan bersama baik saat kerja maupun tidak. Akan mempererat chemistry antar rekan kerja. Dan lebih memahami karakter dari tim sehingga dalam momen diskusi pekerjaan akan semakin mudah menemukan titik temunya.

Kegiatan bersama yang bisa dijalani, seperti makan atau olahraga bersama. Menjadi cara sederhana yang tanpa disadari bisa memberikan efek luar biasa dalam membentuk tim kerja yang solid.

Pahami Peran dan Tanggung Jawab

Dalam membentuk tim yang efektif, maka tidak mungkin masing-masing anggota atau rekan kerja memiliki tanggung jawab yang sama. Untuk itu, diperlukan pembagian kerja yang sesuai dan pas dengan kemampuan dan peran setiap rekan kerja. Agar setiap individu lebih fokus dalam mengerjakan tugasnya masing-masing.

Menghormati dan Menghargai

Dengan beragam karakter dan ide yang ada, setidaknya harus diawali dengan sikap yang bisa saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada. Dengan begitu akan membentuk tim yang kokoh dan kompak. Bahkan dengan sikap tersebut, membentuk visi dan misi yang sama menjadi lebih mudah.

Meningkatkan Kompetensi Tim

Bila dalam tim kerja, kualitas yang dimiliki setiap anggota tidak merata. Maka tidak ada salahnya untuk meningkatkannya melalui pelatihan. Dan pastikan pelatihannya disesuaikan dengan pekerjaan, tugas, dan tanggung jawabnya.

Bicara mengenai pelatihan, di Pintaria juga ada lho beragam pelatihan atau kursus yang sangat berguna untuk dunia kerja, khususnya untuk kamu yang merupakan peserta program kartu prakerja.

Melakukan Evaluasi

Tolak ukur apakah kerja tim baik atau tidak adalah melalui evaluasi. Dengan begitu kamu dan tim menjadi tahu mana yang tidak berjalan sesuai rencana dan perlu perubahan, atau memperbaiki hal yang kurang.

Ingat Pintarian, bahwa evaluasi bukan bertujuan untuk mencari kesalahan. Melainkan untuk mendapatkan arah dan masukan yang lebih baik untuk proses kerja yang maksimal. Bila dalam prosesnya terjadi perubahan, maka hal tersebut dipastikan mendapatkan kesepakatan bersama.

Dan dengan evaluasi, kesuksesan kerja tim bisa selalu dipantau dan diawasi.

 

 

Ilustrasi Pixabay

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building