Job Enlargement & Enrichment dalam Pengembangan Karyawan
Tips, Health & Lifestyle

Job Enlargement & Enrichment dalam Pengembangan Karyawan

23 September 2022 92

Perluasan pekerjaan (job enlargement) dan pengayaan pekerjaan (job enrichment) merupakan sebuah konsep yang biasa diterapkan dalam sebuah perusahaan untuk menjadikan para pekerja/karyawan di dalamnya bisa lebih optimal dalam menjalankan tugas (job desk) yang diberikan.

Adapun konsep tersebut tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang bisa dilihat dari sudut pandang perusahaan maupun para pekerjaanya. Dengan penambahan tugas yang diberikan tersebut di sisi lain para pekerja bisa terhindar dari kemonotonan pekerjaan, namun di sisi lain juga bisa menjadi beban terkait banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan.

Nah, bagi Anda yang belum memahami pengertian job enlargement dan job enrichment, seperti apa contohnya dan apa perbedaanya bisa menyimak ulasan berikut ini.

Sekilas Mengenai Job Enrichment

Simpelnya, job enrichment adalah sebuah metode untuk memperkaya tugas karyawan secara vertikal, yaitu menambahkan tugas karyawan lebih tinggi dari posisi saat ini.

Tugas yang ditambahkan kepada karyawan tidak hanya seputar reguler, melainkan mencakup pengambilan keputusan dan pemberian feedback.

Dengan menambahkan tugas dan wewenang kepada karyawan, diharapkan karyawan dapat tertantang dan termotivasi untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja. Sehingga karyawan bisa merasakan kepuasan kinerja yang jauh lebih tinggi.

Perbedaan Job Enrichment dan Job Enlargement

Tujuan dari dua metode ini adalah untuk menambahkan tugas kepada karyawan. Namun, ada perbedaan paling mencolok di antara keduanya.

Job enlargement cenderung horizontal, di mana penambahan tugas bersifat “melebar” pada posisi karyawan. Pemberian tugas yang diberikan masih mencakup dalam ruang lingkup role karyawan saat ini.

Program ini dapat diberikan kepada karyawan yang kinerjanya stagnan atau tidak menunjukkan peningkatan. Tingkat kesulitan tugas dari job enlargement sejenis dengan posisi terkini.

Berbeda dengan job enrichment yang bersifat vertikal, penambahan tugas dan wewenang karyawan berada di satu atau beberapa tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan posisinya saat ini.

Jika karyawan menunjukkan kinerja yang mulai progresif, ia dapat diberikan program job enrichment agar karyawan dapat meningkatkan potensinya serta sebagai sarana untuk penentuan promosi.

Tujuan Job Enrichment

Supaya karyawan termotivasi sehingga meningkatkan kinerjanya, maka dari itu HRD perlu melakukan penambahan tugas dan wewenang kepada karyawan. Tujuan dari metode ini antara lain:

  1. Membuat pekerjaan karyawan memiliki makna lebih dan menyenangkan
  2. Memberikan wewenang dan tanggung jawab lebih kepada karyawan
  3. Membuka kesempatan besar untuk mengembangan karir
  4. Mendukung proses pembelajaran dalam perusahaan
  5. Mendorong perkembangan karyawan

Manfaat Job Enrichment

Tujuan utama dari menambah wewenang dan tugas kepada karyawan adalah untuk memotivasi sehingga karyawan bisa bekerja lebih unggul dibandingkan sebelumnya. Manfaat dari Job enrichment yang paling terlihat adalah:

  1. Aktualisasi diri karyawan
  2. Menumbuhkan sense of belonging
  3. Merangsang tingkat kepuasan kinerja
  4. Meningkatkan rasa bangga karyawan atas perusahaan tempat bekerja

 

 

Ilustrasi Pixabay

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building