Ini Sebabnya Anak Papua Pandai Bermain Sepak Bola
Story

Ini Sebabnya Anak Papua Pandai Bermain Sepak Bola

22 September 2015 1845

Blog ipapa - Propinsi paling timur Indonesia, Papua sering melahirkan pemain-pemain bola yang handal. Anak-anak di Papua sangat menyukai dan betah dalam memainkan si kulit bundar. Rerumputan nan hijau dengan dikelilingi pegunungan tinggi, bermain bola pun menjadi semakin menyenangkan bagi mereka.

Di Wamena, tepatnya di kampung Soroba memiliki lapangan bola yang indah. Indah disini bukan dalam arti stadion yang modern dan megah, akan tetapi hanyalah lapangan bola kampung biasa. Tapi jangan salah, lapangan bola di Kampung Soroba dikelilingi oleh rerumputan hijau dan juga pegunungan tinggi Jayawijaya.

Ini merupakan pemandangan lapangan bola yang mungkin tidak akan kita temukan di Pulau Jawa. Siapa saja akan dimanjakan oleh keindahannya.

Wamena lokasinya ada di pegunungan tengah Papua dan merupakan satu-satunya kota terbesar yang ada di pedalaman tengah Papua. Nama Wamena berasal dari bahasa Dani yang terdiri dari dua kata Wa dan Mena, yang memiliki arti Babi Jinak. Wamena barada di lembah Baliem. Kota ini merupakan dataran yang sangat luas yang dikelilingi oleh pegunungan berbatu. Pantas bila Wamena memiliki pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Kondisi alam yang masih terjaga keasriannya, Kawasan Wamena memiliki kualitas udara yang bagus. Memang didaerah pegunungan kadar oksigennya lebih sedikit, justru hal ini sangat bagus sebagai latihan fisik. Wajar saja bila selama ini pemain sepak bola asal papua memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. Bahkan diketahui pemain timnas u-19 asuhan Indra Sjafri pernah menjalani pelatihan dipegunungan untuk meningkatkan fisik mereka.

Itulah mengapa anak-anak asal tanah Papua sangat pandai dalam bermain bola. Walau terbatas dalam segi sarana dan prasarana, mereka tetapi memiliki skil bermain bola yang mumpuni serta kondisi fisik yang bagus. Buktinya banyak pemain bola asal Papua pernah masuk dalam timnas Indonesia baik timnas junior maupun timnas senior.

Berikut ini beberapa pemain sepak bola terbaik asal papua:

1. Titus Jhon Londouw Bonai

2. Boaz Solossa

3. Ortizan Solossa

4. Ellie Aiboy

5. Errol FX Iba

6. Christian Warobay

7. Eduard Ivakdalam

8. Ian Louis Kabes

9. Lukas Wellem Mandowen

10. Oktavianus Maniani

11. Imanuel wanggai

12. Yohanes Pahabol

Itulah sebabnya mengapa anak Papua pandai bermain sepak bola. Dengan keindahan alam dan kualitas udara yang bagus, mereka selalu semangat dan bahagia dalam bermain bola. Itulah kuncinya (accsoleh/detikcom)

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building