7 Penyebab Kamu Gak Kaya-kaya
Tips, Health & Lifestyle

7 Penyebab Kamu Gak Kaya-kaya

30 March 2016 591

Penyebab yang bikin kamu tidak bisa kaya - Siapa yang tidak ingin kaya, punya rumah pribadi, mobil sendiri, liburan ke luar negeri, dan ini.. dan itu.. Ada yang saat ini sudah bisa menikmatinya namun ada juga yang sekedar mengangan-angankannya saja dan berpikir itu mustahil.Menganggap hal-hal itu hanya impian yang tidak mungkin dicapai hanya akan mematahkan semangatmu, malas dan enggan berusaha. Kenapa tidak mengubahnya menjadi motivasi untukmu supaya berusaha lebih keras dan lebih semangat dalam bekerja.

Faktanya menjadi orang kaya bukanlah hal yang tidak mungkin. Berhasil tidaknya seseorang memiliki kekayaan tergantung dari seberapa keras usahanya dan bagaimana dalam menjalani kehidupannya. Bila kamu merasa sudah berusaha keras tapi tak kunjung kaya, coba cek 7 hal dibawah ini. Salah satunya bisa jadi penyebab yang bikin kamu gak kaya-kaya:

1. Gaji nambah, belanja nambah

Ketika dapat kenaikan gaji apa yang kamu lakukan? Sering tidak disadari ketika transferan gaji bertambah kita merasa berhak untuk membelanjakannya. Inilah sebabnya ketika gaji naik tapi diujung bulan saldo tidak juga bertambah.Kalau kamu memang ingin punya mobil dan rumah sendiri, kamu harus mendisiplinkan diri dalam hal keuangan. Usahakan untuk tidak tergoda membelanjakan uang bonus, kenaikan gaji, atau pemasukan tidak terduga lainnya dan masukan ke rekening tabungan.

2. Konsumtif

Ini adalah kebiasaan dimana ada gadget terupdate, kamu merasa harus punya. Ketika merk favoritemu mengeluarkan produk terbaru, kamu harus beli. Lakukan saja hal ini maka uangmu akan cepat terkuras. Semua hal itu akan terbeli hanya karena kamu ingin dan lapar mata, bukan butuh.

3. Termakan Gengsi

Dalam pertemanan sering kita jumpai adanya persaingan terselubung. Perasaan tidak puas dengan apa yang dimiliki dan selalu ingin yang lebih baik dari yang dipunyai teman kita. Dari tempat hang-out sampai barang branded kamu beli dengan alasan jaga gengsi. Bangga? silahkan saja.. tapi inilah yang bakal bikin uang kamu ludes seketika. Daripada selalu membandingkan diri seperti itu, kenapa tidak melihat yang hidupnya lebih kekurangan. Itu akan membuat kita lebih menghargai dengan apa yang kita miliki.

4. Gali Lubang - Tutup Lubang

Ketika hobby jaga gengsi-mu bikin kamu kehabisan uang, apa yang kamu lakukan selanjutnya? berhutang! Kebiasaan berhutang berbahaya, karena kamu tetap merasa aman ketika tak punya uang dan merasa ada teman atau keluarga yang bisa dihutangi. Ini yang bikin kamu gak kaya-kaya , karena setiap pemasukanmu harus dipotong untuk membayar semua hutang-hutangmu dan saat ditengah bulan kamu sudah kehabisan uang, ini akan jadi siklus yang sulit terputus. jadi, jangan berhutang!

5. Meremehkan Dana Darurat

Sisihkan 10% dari gajimu untuk keperluan darurat dan jangan tergoda memakainya untuk hal yang tidak penting. Disiplinlah dengan ini. Jadi ketika benar terjadi keadaan darurat, dana inilah yang akan terpakai bukan tabunganmu.

6. Prinsip "jalani saja"

Bila kamu tidak mem post-post kan pemasukanmu dengan disiplin kamu akan sulit menyisihkan uang untuk menabung. Keseharianmu hanya "jalani saja", yang penting buatmu gajimu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sebulan. Mulai sekarang petakan pemasukanmu, sisihkan untuk tabungan dan disiplinlah dengan itu.

7. Enggan Keluar dari zona nyaman

Kamu yang merasa kebutuhanmu sudah tercukupi dengan gaji bulanan kadang enggan dan malas untuk mencoba belajar dan melakukan hal baru untuk menambah pendapatanmu. Nyaman dengan kondisimu sekarang membuatmu tidak beranjak ketempat dan posisi keuangan yang lebih baik.

Selagi muda, manfaatkanlah sebaik mungkin waktu luangmu dengan hal-hal positif yang bisa menambah pendapatanmu. Perjuangan dan kerjakerasmu semasa muda akan memberimu hasil yang sepadan nantinya. Semoga kamu makin termotivasi untuk cepat jadi orang kaya ya.... (Riri)

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building