Desain Kantor yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Karyawan
Interior

Desain Kantor yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Karyawan

19 January 2017 3760

Desain kantor adalah salah satu faktor yang membuat kita jadi lebih produktif dalam bekerja.

Untuk menjadi produktif memang diperlukan yang namanya niat serta menerapkan disiplin tinggi, namun faktor eksternal juga turut mempengaruhi. Desain tempat kerja atau kantor di bawah ini bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, namun juga membuat karyawan betah di tempat kerja.

Psikologi nuansa warna kantor

Warna dinding tentu akan memberikan efek psikologi berbeda-beda tergantung warnanya. Contohnya Warna merah, ini merupakan warna agresif yang menciptakan antisipasi serta ketegangan, sehingga jika digunakan seperlunya bisa membantu meningkatkan semangat dalam mengejar deadline. Warna biru, merah muda dan hijau memiliki efek yang cenderung rileks, cocok untuk ruang rehat.

Meski demikian, tidak ada satu warna yang efektif untuk semua orang. Lakukanlah eksperimen dengan warna berbeda untuk beberapa ruangan yang berbeda dan uji efektivitasnya. Atau Anda bisa juga bisa bermain warna dengan hiasian dan pernak-pernik meja untuk memicu semangat.

Aroma berbeda, suasana berbeda

Wewangian menyengat dudah seharusnya dihindari di lingkungan profesional, namun aroma-aroma tertentu dapat mempengaruhi kemampuan fokus serta mood karyawan. Misalnya aroma lavender memberi efek tenang, aroma pinus meningkatkan ketajaman fokus, dan aroma jeruk membuat lingkungan terasa lebih segar.

Memilih satu aroma atau ewangian untuk seluruh kantor memanglah sulit, mungkin ada individu yang sensitif terhadap aroma atau tidak menyukai wewangian tertentu. Lakukan uji coba dulu dengan aroma berbeda di sejumlah ruangan, contohnya aroma menenangkan di ruang rehat, namun pastikan supaya tidak terlalu tajam aromanya atau menyengat.

Ruang pribadi untuk individu

Kantor open space atau konsep kantor terbuka tanpa pembatas menjadi populer beberapa tahun terakhir karena dianggap mendukung efektivitas serta efisiensi berkomunikasi dan juga mendekatkan semua karyawan. Meski begitu, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kantor open space malah menurunkan produktivitas kerja dan membuat karyawan terkadang merasa kurang nyaman karena tidak ada privasi.

Tak ada yang salah dengan desain kantor open space, terlebih jika budaya perusahaan mendukung keterbukaan komunikasi dan kerja sama. Meski begitu, ada baiknya para karyawan juga disediakan ruang pribadi untuk keperluan tertentu seperti rapat atau konferensi.

Latar belakang audio dapat membantu

Pengaruh musik terhadap tingkat produktivitas kerja sudah banyak dipelajari, namun belum ada yang dapat menentukan satu musik paling efektif secara universal. Hasil kajian, kebanyakan menyarankan agar karyawan mendengarkan lagu favorit sambil bekerja karena maksud dari fungsi musik adalah meningkatkan mood karyawan.

Oleh sebab itu, memilih satu jenis musik untuk dimainkan di kantor tidak disarankan. Sebaiknya, biarkan para karyawan untuk mendengarkan musik pilihan dengan headphone masing-masing.

Pencahayaan yang memadai

Pencahayaan memadai di kantor tidak hanya menciptakan lingkungan yang nyaman, namun juga berimbas positif terhadap kesehatan karyawan. Keduanya berpengaruh langsung pada tingkat produktivitas mereka. Kurangnya cahaya menurut penelitian bisa menyebabkan tingginya risiko terkena depresi.

Pilihan terbaik adalah menggunakan jendela besar untuk mendapatkan cahaya alami. Alternatif lain, gunakan lampu fluorescent yang bisa mengurangi kelelahan mata serta menjaga supaya karyawan tetap fokus dengan pekerjaannya.

 

Sumber: okezone.com

 

Kami melayani jasa renovasi desain kantor profesional dengan harga kompetitif di Jakarta, langsung hubungi team project kami di nomer telepon 021-30066511 untuk konsultasi.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building