5 Tips Mudah Mengelola Emosi di Kantor
Tips, Health & Lifestyle

5 Tips Mudah Mengelola Emosi di Kantor

24 February 2017 565

Stres di kantor merupakan hal yang sering dialami oleh para karyawan. Target, Deadline, tuntutan klien, maraton dari meeting ke meeting, sering kerja lembur, belum lagi politik kantor yang seolah tidak pernah usai, adalah beberapa penyebab stres datang.

Tidak jarang juga, penyebabnya adalah hal-hal di luar kendali kita. Sesulit apa pun hal itu, kita harus bisa mengontrol emosi. Seperti dilansir oleh laman Psychology Today, Senin (17/10/2016), ada 5 tips untuk bisa mengontrol dan mengelola emosi, sehingga kita terhindar dari yang namanya stres.

Tingkatkan Rasa Humor

Dengan membaca buku humor, menonton tayangan yang menghibur, dan bercanda gurau dengan rekan kantor di kala istirahat, terbukti bisa meredam ketegangan karena pekerjaan. Temukan bahwa dunia ini penuh warna, tidak selalu tentang kerja.

Tenangkan Fisik

Ada orang yang senang pada kegiatan fisik yang menenangkan jiwa, seperti yoga. Yoga terbukti ampuh untuk mengembalikan keseimbangan diri dan juga menenangkan emosi. Ketika kamu sudah merasa penat dengan kesibukan kerja, lakukanlah gerakan yoga sekitar 10 menit untuk menenangkan jiwa.

Asah Kemampuan

Makin banyak tantangan serta permasalahan yang kita hadapi, makin teruji pula kemampuan problem solving kita. Jadi, jangan menghindar dari masalah, tetapi terbukalah pada berbagai tantangan kerja.

Gunakan Kemampuan Komunikasi

Kematangan emosi ditentukan oleh cara kita mengekspresikan dan juga mengomunikasikan emosi. Orang yang secara emosi matang, bisa mengomunikasikan perasaan lebih terbuka dan tenang. Rekan kerja harus tahu dengan tepat alasan Anda marah. Di satu sisi, dorong mereka untuk bisa mengatasi masalah tersebut. Tapi, orang yang diam saja ketika ada masalah, juga bukan bentuk emosi yang tepat. Setiap orang harus mencari saluran untuk mengeluarkan emosi negatifnya, misalnya melalui hobi, kegiatan rekreasi, pertemanan.

Ubah Lingkungan atau Beradaptasi

Perubahan yang perlu kita kembangkan adalah mindset positif untuk menghadapi situasi yang memancing timbulnya emosi. Jika lingkungan memang tak bisa diubah, maka kitalah yang dituntut hasus bisa beradaptasi. Sehingga bisa tetap menyesuaikan diri dengan baik apapun situasinya.

 

Sumber: liputan6.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building