Hal-hal Penting Dalam Feng Shui Kantor
Interior

Hal-hal Penting Dalam Feng Shui Kantor

09 March 2017 426

Selain tempat tinggal, posisi furniture serta desain kantor juga sangat penting untuk diperhatikan dalam feng shui.

Bentuk arsitektur kantor ada berbagai macam, mulai detached building (bangunan satu atau dua lantai) hingga bangunan berlantai tinggi (high rise). Walau begitu, cara perhitungan keduanya tetap sama, terutama dalam menata interior kantor.

Berikut ini hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menata ruang kantor berdasarkan feng shui:

Posisi Meja Kerja

Perhitungan feng shui mengatakan posisi meja kerja sebaiknya sejauh mungkin dari pintu masuk.

Dalam hal ini sedapat mungkin karyawan duduk menghadap ke arah pintu masuk, supaya bisa melihat siapa yang masuk dan keluar dari ruangannya. Yang terpenting posisi meja kerja tidak lurus atau langsung berhadapan dengan pintu masuk, sebaiknya hal ini harus dihindari.

Posisi paling buruk adalah posisi meja kerja yang membelakangi pintu masuk ruangan kantor. Untuk mengatasinya, letakkan sebuah cermin di dinding, agar bisa melihat orang keluar masuk melalui cermin tersebut.

Bentuk Meja Kerja

Bentuk meja yang baik adalah persegi panjang. Jika menginginkan bentuk lain seperti meja bulat atau oval, sebaiknya meja kerja itu melengkung ‘melindungi’ pemilik meja. Akan tetapi, bentuk meja seperti ini kurang baik untuk tamu yang duduk di hadapannya. Oleh karena itu, sebaiknya harus disiapkan meja dan kursi khusus untuk menerima tamu.

Arah Sandaran Kursi Duduk

Setiap individu memiliki angka Kua. Untuk pria, rumusnya  dua digit terakhir tahun lahir – 10, sementara untuk wanita rumusnya 5 + dua digit terakhir tahun lahir.

Ada dua kelompok Kua, yaitu Kua Timur (1, 3, 4, dan 9) dengan arah baik Utara, Selatan, Timur, Tenggara; dan Kua Barat (2, 5, 6, 7, dan 8) dengan arah baik Barat, Barat Laut, Barat Daya, dan Timur Laut. Perlu digarisbawahi, yang dimaksud dengan arah baik adalah arah hadap sandaran, bukan arah hadap duduk.

Warna Interior Ruangan

Warna interior ruangan kantor juga memegang peranan yang cukup penting. Warna interior kantor baiknya diperhitungkan menurut Ba Zi yang bersangkutan. Apabila seorang individu membutuhkan elemen yang hangat (Kayu dan Api), maka warna ruangannya harus disesuaikan, yaitu kehijauan dan kemerahan.

Apabila Ba Zi yang bersangkutan butuh elemen yang lebih dingin, maka gunakan elemen yang bernuansa dingin (Logam dan Air).

Dekorasi Ruangan

Kantor bisa dilengkapi dengan unsur-unsur dekoratif seperti lukisan, wallpaper, ukiran, water feature, dan benda seni lain. Masing-masing unsur dekoratif harus memiliki makna serta tujuan.

Dengan meletakkan lukisan gunung pada dinding sandaran meja kerja Pemimpin  perusahaan, maka hal ini bisa dijadikan sandaran yang memberikan kemantapan usaha. Sementara lukisan Tembok Besar China baik di letakkan di belakang kursi Direktur sebagai simbol sandaran yang kuat bagi perusahaan.

 

Sumber: liputan6.com

  • Share
ads

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building