Unik! Ada Waduk di Tengah-tengah Gedung Kantor Ini
Interior

Unik! Ada Waduk di Tengah-tengah Gedung Kantor Ini

17 March 2017 327

Biro arsitek yang berbasis di Mumbai, Sanjay Puri Architects telah merancang suatu konsep gedung kantor dengan waduk menawan sebagai jantungnya. Terinspirasi oleh sumur tradisional yang digunakan sebagai suplai air masyarakat India, konsep bangunan ini menggabungkan reses alami yang ditemukan dalam lanskap untuk mengoptimalkan kemampuan koleksi air alami waduk ini.

Dilansir dari laman Inhabitat, proyek pengembangan area perkantoran ini direncanakan akan mengambil lahan masyarakat 95 hektare. Waduk dirancang untuk menghubungkan kawasan perumahan dan komersial di negara gersang, Rajasthan, India.

Seperti kebanyakan kawasan lainnya di India, air merupakan sumber daya paling berharga, mengingat daerah ini suhunya bisa mencapai lebih dari 100° F selama 8 bulan dalam setahun.

Menggunakan topografi alam lanskap, arsitek merancang desain sekitar rongga yang ada di dalam tanah. Ini merupakan strategi supaya waduk secara alami terisi air sepanjang tahun, dan mengurangi kebutuhan untuk sumber air tambahan.

Air yang mengalir dikumpulkan yang kemudian digunakan sebagai pasokan air seluruh kompleks. Struktur itu sendiri didukung dalam tanggul yang tertutup tanah hijau, dan menciptakan panorama desain. Panel surya dipasang di atas tanggul, mengarah ke parkir bawah tanah.

Enam lantai ruang kantor mengikuti lahan berundak yang mengelilingi kolam renang, sekaligus menciptakan teras terbuka alami bagi setiap kantor.

Adanya waduk air di tengah-tengah bangunan turut menurunkan suhu iklim mikro secara langsung, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan sembari meminimalisir penggunaan energi. Setiap kantor memiliki jendela besar berdiri dari lantai hingga langit-langit, memungkinkan cahaya alami dapat masuk secara optimal.

 

Sumber: Okezone.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building