Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran
Tips, Health & Lifestyle

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

21 June 2017 264

Lebaran tinggal beberapa hari lagi dan banyak orang sudah mulai mudik ke kampung halaman masing-masing. Saat mudik, tentu rumah akan dalam keadaan kosong kan. saat meninggalkan rumah untuk beberapa saat memerlukan perhatian khusus, karena biasanya banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri. Selain resiko pencurian, rumah yang di tinggal mudik juga rawan terhadap bencana kebakaran.

Supaya rumah aman saat ditinggal mudik, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Jangan lakukan hal-hal yang mengindikasikan rumah sedang kosong, seperti lampu teras menyala 24 jam. Kamu bisa memasang lampu otomatis agar nyala dan mati pada waktu yang sudah diatur, sehingga rumah akan terlihat seperti ada penghuninya. Kamu juga bisa meletakkan sandal diluar rumah dan jika ada, hentikan langganan koran selama rumah ditinggal mudik. Koran yang menumpuk di depan rumah bisa mengindikasikan bahwa rumah dalam keadaan kosong.
  2. Matikan aliran listrik pada peralatan rumah tangga yang dianggap tidak perlu seperti TV, kulkas, AC, dan sebagainya.
  3. Lepas selang gas pada kompor dan tabung gas untuk menghindari bahaya kebakaran.
  4. Cek semua pintu dan jendela rumah, pastikan sudah terkunci. Jika perlu pasang kunci tambahan supaya lebih yakin rumah tertutup rapat selama ditinggal mudik.
  5. Beritahu tetangga jika kamu akan mudik dan jangan lupa titip kepada tetangga untuk melihat-lihat rumah selama kamu mudik.
  6. Jika kamu tinggal di perumahan, beritahu petugas keamaan atau satpam komplek jika rumah kamu kosong dan minta tolong untuk sering dicek keamanannya.
  7. Jangan tinggalkan barang-barang berharga didalam rumah. Jika tak ingin membawa perhiasan atau uang cash dalam jumlah banyak ketika mudik, kamu bisa menitipkannya ke safe deposit box di bank.
  8. Pasang alarm keamanan maupun CCTV di rumah untuk mengantisapasi terjadinya tindak kejahatan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  9. Yang terakhir, jangan update status di media sosial tentang rencana mudik kamu. Hal ini justru bisa memancing orang lain untuk ‘bertamu’ ke rumah kamu karena tahu rumah dalam keadaan kosong.

Semoga dengan tips diatas bisa menghindarkan rumah kamu dari aksi kejahatan dan bahaya kebakaran. Mudik pun jadi nyaman dan tenang jika melakukan persiapan yang baik saat meninggalkan rumah.

Selamat mudik, hati-hati dijalan!
  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building