Etika di Kantor yang Harus Dipatuhi Semua Karyawan
Tips, Health & Lifestyle

Etika di Kantor yang Harus Dipatuhi Semua Karyawan

26 July 2017 515

Etika yang buruk di kantor bisa membuat suasana kerja jadi tidak nyaman dan juga tidak produktif. Pendapat para ahli, menjaga sikap baik juga bisa membuat bisnis berjalan baik.

Seperti dilansir dari laman CBS moneywatch.com. “Perilaku yang baik akan menjauhkan Anda dari kompetisi yang tak sehat. Ketika Anda menjaga tindak tanduk serta memperhatikan perasaan orang lain, maka Anda akan makin disukai rekan kerja dan atasan bahkan bisa mendapat promosi" kata Jacqueline Whitmore, pemimpin The Protocol School of Palm Beach, Inc sekaligus penulis Poised For Succes.

Jika Anda ingin di cap sebagai karyawan baik dan teladan, patuhilah beberapa etika di kantor berikut ini:

Pahami aturan tak tertulis di tempat kerja

Selain peraturan yang sudah baku, ada sejumlah aturan tak tertulis atau etika yang juga membantu interaksi sehari-hari di tempat kerja berjalan dengan baik. Meski tak tertulis, etika ini merupakan faktor yang berpengaruh pada prestasi kerja Anda.

Tepat waktu

Selalu mengupayakan segalanya supaya tepat waktu sangatlah penting. Kebiasaan baik ini menunjukkan bahwa kita menghargai waktu para kolega, dan pada gilirannya mereka pun akan menghargai kita.

Kenakan busana kerja yang pantas

Kebanyakan perusahaan pada umumnya sudah menetapkan kode berbusana yang wajib dipatuhi karyawannya. Namun ada beberapa jenis pekerjaan yang membebaskan karyawannya dalam berpakaian. Namun tetaplah berbusana yang pantas.

Hindari bergosip

Kebiasaan bergosip di kantor bisa mengusik kerja, bahkan bisa mengancam karier seseorang. Dengan menghindari bergosip, pikiran kita tidak akan terganggu oleh hal-hal yang tidak penting.

Selalu mintalah ijin ketika meminjam

Sedekat atau seakrab apapun relasi dengan rekan kerja, tetaplah meminta ijin ketika ingin meminjam sesuatu. Perilaku ini menunjukkan kita adalah orang yang menghargai orang lain dengan segala kepemilikannya.

Bertutur sopan

Tutur yang santun dan kata-kata baik pasti akan suasana kerja jadi lebih nyaman dan menjaga semangat kerja. Tumbuhkan kebiasaan baik ini dan mulailah dari diri sendiri. Contohnya, ketika berpapasan dengan rekan di lobi, usahakan menyapa, memberi senyuman atau mengangguk sopan walaupun yang bersangkutan bukanlah teman akrab.

Jangan menyela pembicaraan

Melakukan kebiasaan ini hanya akan menunjukkan keegoisan Anda bahwa waktu dan pendapat Anda lebih penting daripada orang lain. Catat, tidak ada rekan kerja yang bisa menerima sikap egois.

Jika rekan kerja sedang menerima telepon atau sedang berbincang dengan orang lain, sementara Anda ingin bertanya mengenai sesuatu, jangan pernah menyela pembicaraannya. Tunggulah sejenak hingga usai bicara. Atau berilah isyarat memintanya segera menemui Anda begitu pembicaraannya selesai.

Hargai privasi orang lain

Meskipun ada kesempatan, jangan pernah membaca fax, e-mail, surat ataupun layar komputer milik orang lain.

Jika seorang rekan kerja menutup pintu ruang kerjanya, janganlah mengganggu sekalipun dia kelihatannya tidak sedang sibuk. Sebaliknya, jika Anda perlu mendiskusikan sesuatu yang sifatnya sensitif dan rahasia, carilah ruang khusus.

Jaga kerapian area kerja

Tak sedikit yang mengatakan kalau meja kerja yang bersih mencerminkan pikiran yang bersih dan juga cara kerja yang sistematis. Jadi kalau tidak ingin dianggap sebagai sosok urakan atau pekerja ceroboh, jagalah kerapian meja kerja. Kalau Anda ingin menambahkan sentuhan pribadi, letakkan foto orang-orang tersayang maupun pernak-pernik kecil seperlunya.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building