Mulai bulan Oktober, motor dilarang lewat
News

Mulai bulan Oktober, motor dilarang lewat

21 August 2017 133

Seperti yang pernah kita dengar sebelumnya bahwa ada wacana pembatasan sepeda motor pada beberapa kawasan di Jakarta yang digagas oleh Pemerintah DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, dan juga pihak terkait lainnya. Hal tersebut dilakukan bertujuan agar tercipta kondisi lalu lintas Jakarta yang lebih lancar dan juga efisien.

Berdasarkan data yang diperoleh dalam rentang waktu 5 tahun, pertumbuhan sepeda motor mencapai sekitar 9,7% sampai 11% sementara untuk mobil mencapai sekitar 7,9% sampai 8,75%. Namun hal tersebut tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan infrastruktur yang hanya 0,01% sehingga mengakibatkan peningkatan volume kendaraan pada kawasan, waktu, dan kondisi tertentu. AKBP Budiyanto selaku Kasubdit Bid Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap. Focus group discussion (FGD) telah dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus silam. Kemudian rapat koordinasi dilaksanakan pada 15 Agustus yang lalu. Rencananya tahap sosialisasi akan dilakukan pada tanggal 21 Agustus sampai dengan 11 September 2017.

Kemudian setelah tahap sosialisasi, akan diadakan rapat persiapan uji coba pada tanggal 5 September, kemudian pada tanggal 11 September akan disiapkan SK dari Kadishub. Uji coba sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 12 September hingga 10 Oktober 2017. Kemudian untuk kawasan yang akan diadakan pembatasan kendaraan roda 2 atau sepeda motor adalah ruas jalan Sudirman mulai Bundaran Hotel Indonesia sampai bundaran Senayan, serta ruas jalan HR Rasuna Said, kemudian Jalan Sudirman sampai Imam Bonjol. Waktu pemberlakuan pembatasan ini mulai pukul 06.00 sampai 23.00 WIB.

Kemudian untuk mendukung kelancaran program tersebut, Pemda bekerjasama dengan PT Transjakarta akan menyiapkan bus pengumpan atau feeder dan juga shuttle bus dan juga akan bekerjasama dengan pengelola gedung untuk pengadaan fasilitas parkir. Dengan demikian diharapkan kondisi lalu lintas di Ibukota ini dapat menjadi sedikit lebih lancar. Bagaimana dengan anda? Setujukan dengan hal ini?

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building