Tips Penting Agar Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas
Interior

Tips Penting Agar Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

22 August 2017 157

Dekorasi atau tatanan ruang kantor harus menjadi perhatian penting bagi perusahaan, jangan biarkan partisi meja kerja yang sempit membuat produktivitas karyawan menurun. Karena semakin banyak waktu yang dihabiskan di meja kerja, semakin penting pula sebuah efisiensi pada ruang kerja tersebut.

Kebanyakan perusahaan merancang ruang kantor mereka dengan sekat pada meja kerja karyawan, atau yang disebut dengan tata ruang kantor tertutup. Justru hal ini bisa mengurangi ukuran luas dan bisa membuat karyawan menjadi tidak nyaman.

Berikut ini tips dekorasi ruang kantor yang berukuran kecil supaya lebih luas dan juga nyaman:

Pilih Dominasi Warna Cerah

Sebelum membeli peralatan untuk ruang kantor yang kecil, usahakan untuk memilih paduan warna yang tepat untuk dekorasi ruangan. Pilihlah perlengkapan dengan dominasi warna cerah, mulai dari pemilihan warna dinding dan juga warna peralatan kantor.

Warna yang paling aman yang bisa digunakan adalah perpaduan warna hitam, putih dan abu-abu dengan konsep monokrom atau warna pastel, seperti krem, cokelat dan juga oranye muda. Jika konsep warna monokrom bisa membuat ruang kantor yang sempit tampak lebih eksklusif, konsep warna cerah dan terang seperti krem bisa membuat ruangan kerja tampak lebih homey dan nyaman.

Baca Juga: Desain Kantor yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Minimalisir Motif pada Dekorasi Ruangan

Karpet motif bunga-bunga, walpaper dinding full motif atau bahkan sofa dengan bercorak batik memang terlihat keren di kantor. Tetapi, motif-motif tersebut sangat tidak tepat jika diterapkan pada ruang kantor yang sempit. Justru motif yang ramai akan membuat ruangan semakin terlihat lebih kecil.

Jadi minimalisir motif pada dekorasi ruang kantor sempit. Sebagai alternatif, pilihlah motif minimalis yang sekarang sedang tren, seperti motif stripes atau motif polkadot. Namun, usahakan motif tidak terlalu banyak agar ruangan kantor kecil tetap terlihat lega.

Kaca bisa Membuat Ruangan Terlihat Lebih Lega

Saat berburu perlengkapan kantor, jangan lupa untuk menyisakan budget untuk membeli kaca. Kaca bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi di dinding ruangan untuk menghasilkan pantulan bayangan ruangan agar terlihat lebih luas. Dengan memilih dekorasi cermin di tiap sisi dinding, sehingga tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk membeli dekorasi dinding seperti lukisan yang tergolong lebih mahal.

Baca Juga : Tips Menata Perabotan Kantor Sesuai Dengan Desain Kantor Minimalis

Gunakan Rak Bertingkat

Untuk mensiasati dekorasi ruang kantor kecil supaya terlihat lebih lega, tipsnya adalah memanfaatkan setiap spase yang ada. Daripada menggunakan lemari panjang yang bisa makan tempat, lebih baik gunakan lemari bertingkat untuk memanfaatkan ruangan secara horizontal. Rak bertingkat bisa digunakan sebagai loker karyawan atau untuk meletakan dokumen-dokumen.

Gunakan Setiap Sudut dengan Maksimal

Untuk memaksimalkan ruangan kantor yang berukuran kecil, pastikan bahwsa setiap sudut ruangan telah digunakan dengan maksimal. Entah itu untuk meletakan perlengkapan kantor seperti, mesin fotocopy, dispenser air minum atau yang lainnya. Dengan menggunakan setiap sudut ruangan, pastinya akan membuat berhemat lebih banyak ruang kosong.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building