5 Gedung Pencakar Langit yang Tertinggi di Rusia
International

5 Gedung Pencakar Langit yang Tertinggi di Rusia

29 August 2017 271

Ada banyak bangunan atau gedung tertinggi di dunia. Bahkan ketinggiannya seolah-olah bisa mencakar langit bumi. Butuh biaya yang mahal untuk membangun sebuah gedung pencakar langit.

Saat ini, gedung tertinggi di dunia masih disandang Burj Khalifa yang berada di Dubai. Belakangan, Burj Khalifa yang menjulang di Dubai tak lama lagi harus melepas predikatnya sebagai bangunan tertinggi di dunia kepada Kingdom Tower yang berada di Arab Saudi.

Terlepas dari Burj Khalifa dan Kingdom Tower, Rusia juga punya gedung-gedung tinggi. Beberapa diantaranya bahkan pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia pada masanya.

Ostankino Tower (540 meter)

Ostankino Tower - bridgetomoscow

Menara televisi dan radio ini dibangun pada tahun 1967 dan terkenal sebagai karya besar para insinyur Soviet. Sejak kemunculannya menara Ostankino adalah gedung paling tinggi di dunia hingga tahun 1975.

Menara Ostankino dirancang oleh insinyur Soviet Nikolay Nikitin, yang juga membangun beberapa bangunan terkenal lainnya, seperti, Universitas Negeri Moskow Lomonosov, Stadion Luzhniki, dan Monumen Motherland Calls di Volgograd.

Saat ini, Menara Ostankino dibuka untuk umum dan siapa pun bisa menikmati pemandangan indah kota Moskow dari dek observasi.

Federation Tower (374 meter)

Federation Tower - wikipedia

Menara Federasi adalah gedung pencakar langit yang lokasinya berada di Pusat Bisnis Internasional (MIBC) Moskow. Didesain oleh insinyur Sergei Tchuban bersama dengan profesor dan insinyur Peter Schweger.

Gedung pencakar langit ini terdiri dari dua menara yang digabung dengan sebuah pilar utama. Menara sisi timurnya lebih tinggi dan proyek ini baru saja selesai tahun ini, menelan biaya hingga 1,2 miliar dolar AS (16 triliun rupiah).

Selain apartemen dan perkantoran, gedung ini juga memiliki area ritel seperti restoran, bar, biro wisata, hingga pusat kebugaran pun ada.

OKO (354 meter)

OKO - Moscow City Online

Selesai dibangun pada tahun 2015, OKO (Menara Selatan) adalah gedung tertinggi kedua di Rusia dan Eropa.

Gedung ini juga memiliki dua menara dan terletak di wilayah MIBC OKO dan dirancang oleh Skidmore, Owings and Merril.

OKO sejatinya adalah gedung apartemen. Sebuah unit apartemen disana dibanderol 23,700 dolar AS per meter persegi.

Mercury City (338,38 meter)

Mercury City - Moscow City Online

Warna oranye Menara Mercury City membuatnya terlihat mencolok dibanding gedung-gedung tinggi lain di kota Moskow.

Dirancang oleh arsitek Rusia dan Amerika, Mikhail Posokhin dan Frank Williams, gedung pencakar langit ini mulai beroperasi tahun 2013. Seperti gedung-gedung lain disekitarnya, Menara Mercury City adalah gedung multiguna yang memenuhi kebutuhan pebisnis di Moskow.

Eurasia Tower (308,9 meter)

Eurasia Tower - Cian

Gedung ini memilki 72 lantai yang difungsikan sebagai ruang perkantoran, dan ritel ini bernama Menara Eurasia.

Menara menjulang yang berada di kota Moskow ini pembangunannya digarap oleh perusahaan Amerika Swanke Hayden Connell Architects.

Pada beberapa waktu lalu, ada orang nekat yang mencoba memanjat gedung ini. Namun spiderman jadi-jadian ini gagal mencapai puncak gedung, karena ia ditangkap ketika berada di lantai 52 dan langsung dipenjara oleh polisi setempat.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building