5 Tips Anti Pegal Saat Bekerja Seharian di Kantor
Tips, Health & Lifestyle

5 Tips Anti Pegal Saat Bekerja Seharian di Kantor

05 September 2017 161

Seharian duduk di kursi bekerja di kantor selama delapan jam berturut-turut bisa menyebabkan pegal seluruh badan. Bagaimana sih cara menyiasatinya? Yuk baca tips berikut ini.

Gerak!

Hal yang paling penting, kamu gak boleh berada di posisi yang sama selama berjam-jam. Untuk beberapa waktu, berdiri dan bergeraklah sesekali. Lakukan olahraga kecil yang memungkinkan bisa dilakukan dari kursi. Seperti stretching tangan, memutar pergelangan kaki dan kepala, atau berdiri sejenak untuk meluruskan kaki.

Jangan Melipat Kaki

Hindari melipat kaki, terlebih lagi dalam waktu yang lama. Melipat kaki buruk untuk sirkulasi darah dan bisa menghimpit pembuluh darah. Hal ini bisa menyebabkan kesemutan, kram, dan pegal. Posisi kaki yang benar adalah, kaki menapak permukaan lantai dan lutut ditekuk hingga membentuk sudut 90 derajat.

Atur Tinggi Monitor

Melihat layar monitor, baik PC atau laptop, kemungkinan besar Anda membungkuk. Apalagi untuk mengetik di keyboard. Monitor harus satu garis dengan mata, supaya kamu melihat lurus ke depan tidak mendongakkan kepala atau membungkukkan badan. Letakkan beberapa buku di bawah monitor sebagai “alat” peninggi agar mendapatkan posisi yang ideal.

Lindungi Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan yang selalu bergerak menggunakan mouse, dan mengetik. Jadi atur supaya pergelangan tangan lurus dengan siku, tidak bengkok. Coba gunakan sebuah sandaran untuk tangan apabila diperlukan. Kamu juga bisa menggunakan mouse pad yang memiliki wrist rest untuk memberikan kenyamanan tangan. Atau letakkan bantal kecil di atas meja, sebagai tempat untuk mengistirahatkan tangan.

Istirahatkan Mata

Sering merasa pusing ketika sibuk dengan pekerjaan? Bisa jadi itu karena kamu menatap monitor komputer terlalu lama. Hal tersebut bisa memicu mata jadi kering, buram, serta iritasi. Alhasil, sakit kepala pun melanda. Untuk menghindari hal tersebut, coba “segarkan” mata kamu dengan melihat keluar jendela atau mengalihkan pandangan dari monitor untuk sejenak. Agar mata jadi lebih rileks, dan kamu kembali fresh.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building