Rumah Jauh dari Kantor Sangat Berisiko Pada Kesehatan
Tips, Health & Lifestyle

Rumah Jauh dari Kantor Sangat Berisiko Pada Kesehatan

02 November 2017 104

Menempuh perjalanan yang jauh dari rumah ke kantor dan sebaliknya ternyata tidak hanya mempengaruhi kinerja seseorang, pasalnya kondisi seperti ini juga bisa memperburuk kondisi kesehatan.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 4.200 warga yang tinggal dan bekerja di Dallas-Fort Worth dan Austin, Texas Amerika Serikat mengungkapkan jarak tempuh yang lama dari dan pulang kerja berhubungan dengan berat badan meningkat dan tingkat kebugaran yang lebih rendah.

Studi yang dipimpin oleh Christine Hoehner dari Washington University dan rekan memetakan jarak antara alamat rumah dan kantor, dan mengukur indeks massa tubuh, lingkar pinggang, kolesterol, tekanan darah, tingkat kebugaran serta aktivitas fisik.

Secara keseluruhan orang yang menempuh jarak jauh cenderung memiliki nilai indeks massa tubuh, lingkar pinggang dan tekanan darah yang lebih tinggi, serta kebugaran kardioresporasi (cardiorespiratory fitness/CRF) yang menurun yang disebabkan minimnya latihan fisik.

Kondisi indikator kesehatan yang seperti ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, stroke, dan gagal ginjal. Terlebih lagi jika perjalanan yang ditempuh macet sehingga meningkatkan kadar hormon stres yang semakin memperburuk kondisi tubuh.

"Orang yang bolak balik jarak jauh memiliki pola makan buruk, mungkin karena tidak punya waktu untuk memasak makanan sehingga memilih makanan cepat saji, dan memiliki waktu tidur yang lebih sedikit," kata Heohner, seperti dikutip dari laman Foxnews.com.

Hoehner menuturkan orang dengan perjalanan jauh umumnya kurang aktif secara fisik sehingga memicu terjadinya kenaikan tekanan darah yang mengakibatkan stres kronis dan menyebabkan masalah bagi kesehatan.

"Lokasi tempat kerja memiliki peran yang penting bagi kesehatan, hal ini supaya seseorang masih bisa beristirahat, melakukan aktivitas fisik yang nantinya berdampak baik bagi kesehatan," kata Hoehner.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building