4 Peralatan Kantor Yang Sudah Ketinggalan Zaman
Tips, Health & Lifestyle

4 Peralatan Kantor Yang Sudah Ketinggalan Zaman

03 November 2017 132

Perkembangan zaman yang membawa kemajuan teknologi menyebabkan beberapa peralatan kantor mulai ditinggalkan karena sudah ketinggalan zaman atau sudah dianggap tidak praktis lagi. Peralatan kantor ini pada masanya dianggap sebagai produk inovasi mutakhir, namum saat ini sudah jarang ditemukan di kantor modern.

Meski demikian, menariknya, beberapa peralatan kantor berikut ini ternyata masih digunakan di berbagai sektor dan industri.

Mesin Ketik

peralatan kantor - mesin ketik

Sebelum adanya PC atau komputer, mesin ketik adalah kebutuhan utama di setiap kantor. Walau mulai dianggap barang antik di pertengahan tahun 90-an, penggunaan mesin ketik saat ini masih bisa ditemui di kantor pemerintahan. Karena mesin ketik dianggap lebih aman karena tidak bisa diretas atau disisipi virus, meskipun sangat repot menggunakannya.

Mesin Faks

peralatan kantor - mesin faks

Sempat populer di tahun 70-an hingga 90-an, posisi mesin faks kini mulai dipinggirkan dengan munculnya internet, email, dan IM yang membuat proses komunikasi jauh lebih efisien. Meski demikian, setidaknya di beberapa daerah di Amerika Serikat, dokumen kontrak yang di-scan dan dikirim dalam format PDF tidak dianggap legal, sehingga pengiriman melalui faks adalah satu-satunya cara yang valid.

Kertas Karbon

peralatan kantor - kertas karbon

Kertas karbon digunakan untuk membuat beberapa salinan sekaligus dengan menempatkannya di antara dua kertas atau lebih. Metode manual ini tidak lagi efisien dengan keberadaan mesin fotocopy yang bisa membuat beberapa salinan dengan mudah dan cepat. Perlu Anda tahu, “CC” atau Carbon Copy pada email yang menandakan lebih dari satu penerima pesan, ternyata terinspirasi dari kertas karbon.

Disket

peralatan kantor - disket

Coba Anda bayangkan berapa banyak disket yang Anda butuhkan, hanya untuk menyimpan beberapa dokumen? Saat ini, Anda bisa download ukuran file jauh lebih besar dan kemudian menyimpannya di flasdisk, harddisk atau cloud storage. Meski disket merupakan peralatan jadul, rumornya Pentagon hingga saat ini masih menggunakan disket untuk mengoperasikan sistem senjata nuklir.

Apakah Anda masih menggunakan diantaranya?

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building